• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Program Keaksaraan Fungsional pada Masyarakat Perkotaan di Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Umam Mustaghfiroh-140210201036_1.pdf (2.018Mb)
    Date
    2019-02-13
    Author
    MUSTAGHFIROH, Umam
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak potensi lokal yang bermanfaat sebagai sumber belajar program keaksaraan fungsional. Hal ini merupakan bentuk realisasi baru untuk memanfaatkan potensi lokal yang ada, mengingat Jember merupakan daerah yang subur, dimana mayoritas tanah yang ditanami dapat menghasilkan panen yang melimpah. Namun, mayoritas masyarakat belum memiliki kemampuan untuk mengelola potensi lokal yang tersedia. Dengan adanya potensi lokal yang mudah didapatkan di sekitar warga belajar maka dapat memanfaatkannya untuk dapat dijadikan sumber belajar guna menghasilkan daya jual ekonomi. Pada program keaksaraan fungsional yang merupakan program yang ditujukan kepada masyarakat penyandang buta aksara khususnya di Kelurahan Sumbersari yang mana daerah tersebut termasuk wilayah perkotaan di Kabupaten Jember yang memiliki penyandang buta aksara cukup tinggi dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan sumber belajar dalam program keaksaraan fungsional pada masyarakat perkotaan di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian adalah di Kelurahan Sumbersari yang merupakan salah satu Kelurahan yang terletak di wilayah perkotaan. Penentuan daerah menggunakan metode purposive area. Teknik penentuan informan menggunakan teknik snowball sampling. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan 3 teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Supaya kepercayaan terhadap data menjadi tinggi digunakan beberapa teknik keabsahan data yakni perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Dalam penelitian ini peneliti memakai triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi data.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89605
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository