• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Pharmacy
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Pharmacy
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Resep di Depo Rawat Jalan RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo

    Thumbnail
    View/Open
    RISA RISKI MAULIDA-142210101033_1.pdf (2.502Mb)
    Date
    2019-02-07
    Author
    MAULIDA, Risa Riski
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelayanan kefarmasian di rumah sakit merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien. Diperlukan suatu evaluasi terhadap mutu pelayanan kefarmasian sebagai tindak lanjut oleh pihak rumah sakit dalam perbaikan untuk menunjang kualitas pelayananan kefarmasian salah satunya adalah pengukuran tingkat kepuasan pasien ketika mendapatkan pelayanan kefarmasian dirumah sakit. Evaluasi tersebut dilakukan dengan menggunakan salah satu metode survei melalui angket (kuesioner). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan resep di depo rawat jalan RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo, mengetahui gambaran nilai kepuasan pasien menurut analisis Importance Performance Analysis (IPA), dan mengetahui hubungan sosiodemografi pasien dengan kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan resep di depo rawat jalan RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif non eksperimental, dengan metode penelitian cross-sectional yang dilakukan di depo rawat jalan RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Responden dalam penelitian ini adalah pasien atau keluarga pasien yang mendapatkan pelayanan resep di depo rawat jalan RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo sebanyak 355 responden. Sebagai data pendukung dilakukan wawancara kepada kepala instalasi farmasi RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo. Penilaian dalam kuesioner kepuasan pasien menggunakan Metode SERVQUAL dengan skala Likert dan diberi scoring dengan pernyataan bersifat favourable. Skala Likert yang digunakan yaitu nilai 1 sampai 4, untuk jawaban sangat kurang baik atau sangat tidak penting sampai sangat baik atau sangat penting pada masing-masing tabel kenyataan dan harapan. Tingkat kepuasan pasien diperoleh dari perbandingan nilai rerata skor kenyataan atau kinerja terhadap nilai rerata skor harapan. Selanjutnya analisis dilakukan dengan metode IPA melalui program SPSS (Statistical Package for the Social Science). untuk mengetahui item pernyataan yang perlu diperbaiki, dipertahankan, ditingkatkan maupun disesuaikan. Untuk mengetahui hubungan antara faktor sosiodemografi dengan tingkat kepuasan pasien menggunakan beberapa uji non parametrik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89564
    Collections
    • UT-Faculty of Pharmacy [1518]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository