• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-5 MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Dianti Winda Septiana - 080210302022 (2)_1.pdf (457.3Kb)
    Date
    2013-12-15
    Author
    Dianti Winda Septiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada bulan Februari 2012 dengan guru mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bondowoso, maka diperoleh aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sejarah rendah. Hal ini ditunjukkan oleh aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 1 Bondowoso hanya mencapai40%. Selain itu hasil belajar siswa juga rendah, yaitu rata-rata hasil ulangan harian kelas X5 SMA Negeri 1 Bondowoso yang hanya mencapai nilai 37%. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikarenakan siswa merasa kesulitan memahami pelajaran sejarah, yang dinilai merupakan mata pelajaran hafalan sebab diperoleh data bahwa pembelajaran sejarah SMA Negeri 1 Bondowoso masih menggunakan model pembelajaran konvensional, dalam hal ini guru perperan sebagai pusat dari pembelajaran di kelas. Pembelajaran berlangsung hanya satu arah sehingga tidak ada interaksi antara guru dan murid sebab kegiatan pembelajaran cenderung mengarah pada penyampaian informasi dari guru ke siswa. Model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang dihadapi kelas X5 di SMA Negeri 1 Bondowoso adalah model pembelajaran kooperatif Think Pair Share sehingga dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran serta menciptakan suasana saling bekerjasama sehingga menbuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian, dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif think pair share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X5 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bondowoso tahun pelajaran 2011-2012 ?; (2) Apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X5 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bondowoso tahun pelajaran 2011-2012 ?. Dengan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X5 pada mata pelajaran sejarah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share di SMA Negeri 1 Bondowoso tahun pelajaran 2011-2012, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X5 pada mata pelajaran sejarah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share di SMA Negeri 1 Bondowoso tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data hasil observasi yang menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan mencapai 40% sedangkan setelah diadakan tindakan mencapai 66% pada siklus I, pada siklus II mengalami peningkatan dengan prosentase 84%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 37%, pada siklus I 84% dan pada siklus II mencapai 95%. Jadi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X5 di SMA Negeri 1 Bondowoso, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X5 di SMA Negeri 1 Bondowoso. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya model pembelajaran ini menjadi model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran serta sebagai alternatif model pembelajaran dan dapat dilakukan secara terus menerus.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8956
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository