PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-5 MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada
bulan Februari 2012 dengan guru mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1
Bondowoso, maka diperoleh aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sejarah
rendah. Hal ini ditunjukkan oleh aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 1
Bondowoso hanya mencapai40%. Selain itu hasil belajar siswa juga rendah, yaitu
rata-rata hasil ulangan harian kelas X5 SMA Negeri 1 Bondowoso yang hanya
mencapai nilai 37%. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikarenakan
siswa merasa kesulitan memahami pelajaran sejarah, yang dinilai merupakan
mata pelajaran hafalan sebab diperoleh data bahwa pembelajaran sejarah
SMA Negeri 1 Bondowoso masih menggunakan model pembelajaran
konvensional, dalam hal ini guru perperan sebagai pusat dari pembelajaran di
kelas. Pembelajaran berlangsung hanya satu arah sehingga tidak ada interaksi
antara guru dan murid sebab kegiatan pembelajaran cenderung mengarah pada
penyampaian informasi dari guru ke siswa.
Model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan
pembelajaran yang dihadapi kelas X5 di SMA Negeri 1 Bondowoso adalah model
pembelajaran kooperatif Think Pair Share sehingga dapat memudahkan siswa
untuk memahami materi pelajaran serta menciptakan suasana saling bekerjasama
sehingga menbuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut
maka dilakukan penelitian, dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah
dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif think pair share dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa kelas X5 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1
Bondowoso tahun pelajaran 2011-2012 ?; (2) Apakah dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas X5 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bondowoso tahun
pelajaran 2011-2012 ?. Dengan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X5 pada mata pelajaran sejarah
dengan penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share di SMA
Negeri 1 Bondowoso tahun pelajaran 2011-2012, (2) Untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas X5 pada mata pelajaran sejarah dengan penerapan
model pembelajaran kooperatif think pair share di SMA Negeri 1
Bondowoso tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas dengan Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Data hasil observasi yang menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas
belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan mencapai 40% sedangkan setelah
diadakan tindakan mencapai 66% pada siklus I, pada siklus II mengalami
peningkatan dengan prosentase 84%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pra
siklus 37%, pada siklus I 84% dan pada siklus II mencapai 95%. Jadi pada
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran
kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata
pelajaran sejarah kelas X5 di SMA Negeri 1 Bondowoso, (2) Penerapan model
pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran sejarah kelas X5 di SMA Negeri 1 Bondowoso. Saran dalam
penelitian ini adalah hendaknya model pembelajaran ini menjadi model
pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran serta sebagai alternatif model
pembelajaran dan dapat dilakukan secara terus menerus.