dc.description.abstract | Besarnya persaingan di dunia pendidikan, mengharuskan seorang lembaga
pendidikan
mempunyai kemampuan dalam memasarkan layanan yang ditawarkan.
Sehingga menempatkan
orang tua siswa sebagai titik sentral kegiatan pendidikan
yang perlu diberikan perhatian lebih. Bagi sebuah lembaga pendidikan perlu untuk
menerapkan strategi pemasaran agar kepuasan orang tua siswa dapat terpenuhi
sehingga tingkat kepercayaan konsumen terhadap
layanan jasa pendidikan yang
ditawarkan semakin tinggi.
Salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan strategi pemasaran
dalam kegiatan usahanya adalah SMA Negeri 1 Probolinggo. Lembaga
pendidikan ini telah menerapkan Segmentation, Targeting, Positioning dalam
mema
sarkan layanannya agar tetap dikenal dan mendapat tempat dihati para orang
tua siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengkaji seberapa besar pengaruh
Segmen
tation, Targeting, Positioning terhadap persepsi orang tua siswa dalam
memilih jasa pendidikan di SMA Negeri 1 Probolinggo tahun ajaran 2012/2013
dan 2) mengkaji manakah diantara variabel segmentation, targeting dan
positioning yang memiliki pengaruh dominan terhadap persepsi orang tua siswa
dalam memilih jasa pendidikan di SMA Negeri 1 Probolinggo tahun ajaran
2012/2013.
Jenis penelitian ini adalah penelitian inferensial. Tempat penelitian
ditentukan dengan cara Purposive Area yang dilaksanakan di SMA Negeri 1
Probolinggo dan penentuan responden penelitian menggunakan Purposive
Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket,
wawancara, observasi dan dokumentasi. Angket dalam penelitian ini sebelumnya
di uji dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Analis data menggunakan
analisis regresi liner berganda, efektifi
tas garis regresi, uji F, uji t dengan taraf
signifikansi 0,05 (5%) yang dibantu dengan menggunakan program SPSS.
Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan
Ŷ
= 8,552 +
0,331X
1
+ 0,881X
2
+ 0,389X
3
+ e dengan R
2
(R Square) sebesar0,742. Uji F
diperoleh hasil f
hitung
sebesar 70,065 dan f
pada taraf signifikansi 5% yaitu
sebesar 2,73 dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu fhitung > ftabel maka
Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel bebas
(segmentation, targeting dan positioning) secara simultan (bersama-sama)
memiliki pengaruh terhadap
persepsi orang tua siswa dalam memilih jasa
pendidikan di
SMA Negeri 1 Probolinggo Tahun Ajaran 2012/2013. Besarnya
pengaruh tersebut sebesar 74
,2 %. Sedangkan secara parsial, STP memiliki
pengaruh sebesar segmentation 9,342%, targeting 26,42% dan positioning
38,48%.
tabel
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa: 1)
Segmentation, Targeting, Positioning berpengaruh terhadap persepsi orang tua
siswa dalam memilih jasa pendidikan di SMA Negeri 1 Probolinggo Tahun
Ajaran 2012/2013 sebesar 74,2% dan 2) positioning memiliki pengaruh dominan
terhadap
persepsi orang tua siswa dalam memilih jasa pendidikan di SMA Negeri
1 Probolinggo Tahun Ajaran 2012/2013 sebesar 38,48%. | en_US |