Show simple item record

dc.contributor.authorZea Virginia Arzain Putri
dc.date.accessioned2013-12-15T13:37:32Z
dc.date.available2013-12-15T13:37:32Z
dc.date.issued2013-12-15
dc.identifier.nimNIM080210301020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8947
dc.description.abstractBesarnya persaingan di dunia pendidikan, mengharuskan seorang lembaga pendidikan mempunyai kemampuan dalam memasarkan layanan yang ditawarkan. Sehingga menempatkan orang tua siswa sebagai titik sentral kegiatan pendidikan yang perlu diberikan perhatian lebih. Bagi sebuah lembaga pendidikan perlu untuk menerapkan strategi pemasaran agar kepuasan orang tua siswa dapat terpenuhi sehingga tingkat kepercayaan konsumen terhadap layanan jasa pendidikan yang ditawarkan semakin tinggi. Salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan strategi pemasaran dalam kegiatan usahanya adalah SMA Negeri 1 Probolinggo. Lembaga pendidikan ini telah menerapkan Segmentation, Targeting, Positioning dalam mema sarkan layanannya agar tetap dikenal dan mendapat tempat dihati para orang tua siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengkaji seberapa besar pengaruh Segmen tation, Targeting, Positioning terhadap persepsi orang tua siswa dalam memilih jasa pendidikan di SMA Negeri 1 Probolinggo tahun ajaran 2012/2013 dan 2) mengkaji manakah diantara variabel segmentation, targeting dan positioning yang memiliki pengaruh dominan terhadap persepsi orang tua siswa dalam memilih jasa pendidikan di SMA Negeri 1 Probolinggo tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian inferensial. Tempat penelitian ditentukan dengan cara Purposive Area yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Probolinggo dan penentuan responden penelitian menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Angket dalam penelitian ini sebelumnya di uji dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Analis data menggunakan analisis regresi liner berganda, efektifi tas garis regresi, uji F, uji t dengan taraf signifikansi 0,05 (5%) yang dibantu dengan menggunakan program SPSS. Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan Ŷ = 8,552 + 0,331X 1 + 0,881X 2 + 0,389X 3 + e dengan R 2 (R Square) sebesar0,742. Uji F diperoleh hasil f hitung sebesar 70,065 dan f pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,73 dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu fhitung > ftabel maka Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel bebas (segmentation, targeting dan positioning) secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh terhadap persepsi orang tua siswa dalam memilih jasa pendidikan di SMA Negeri 1 Probolinggo Tahun Ajaran 2012/2013. Besarnya pengaruh tersebut sebesar 74 ,2 %. Sedangkan secara parsial, STP memiliki pengaruh sebesar segmentation 9,342%, targeting 26,42% dan positioning 38,48%. tabel Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa: 1) Segmentation, Targeting, Positioning berpengaruh terhadap persepsi orang tua siswa dalam memilih jasa pendidikan di SMA Negeri 1 Probolinggo Tahun Ajaran 2012/2013 sebesar 74,2% dan 2) positioning memiliki pengaruh dominan terhadap persepsi orang tua siswa dalam memilih jasa pendidikan di SMA Negeri 1 Probolinggo Tahun Ajaran 2012/2013 sebesar 38,48%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210301020;
dc.subjectPersepsi, Orang Tua,Jasa Pendidikan, Segmentation, Targeting, Positioningen_US
dc.titlePENGARUH PERSEPSI ORANG TUA SISWA DALAM MEMILIH JASA PENDIDIKAN TERHADAP SEGMENTATION, TARGETING, DAN POSITIONING DI SMA NEGERI 1 PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record