dc.description.abstract | Aktivitas dan kreativitas b
elajar siswa kelas XI Pemasararan 2 SMKN 1
Tanggul Jember
masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas XI Pemasaran
lainnya. Guru hanya menyampaikan materi pelajaran dengan cara menerangkan
melalui media gambar dan papan tulis, materi yang dijelaska
n cenderung kurang
aplikatif dan komunikatif sehingga membuat siswa menjadi pasif dan
bahkan
cenderung merasa bosan hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas belajar siswa,
Pembelajaran tersebut kurang mengembangkan ide
-ide kreatif dari siswa, keaslian ide
d
ari siswa tidak dapat dikembangkan dan juga pada saat proses pembelajaran tidak
muncul ide
-ide baru dari siswa. Siswa hanya menjelaskan dan mengerjakan tugas
kelompok terpaku pada satu media saja. Proses pembelajaran yang kurang menarik
tersebut membuat si
swa tidak dapat terdorong untuk berfikir creative, untuk itu guru
perlu mencoba
menggunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan
aktivitas dan kreativitas belajar siswa
dengan waktu dan biaya yang lebih efektif dan
efisien
. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas
sekaligus
kreativitas belajar siswa adalah media pembelajaran berbasis website.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
aktivitas dan kreativitas belajar
siswa pada standar kompetensi dasar sistem informasi dan teknologi penjulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan media berbasis website
dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa kelas XI Pemasaran 2
SMKN 1 Tanggul Jember
pada mata pelajaran pemasaran barang dan jasa
kompetensi dasar system informasi dan teknologi penjualan
. Peningkatan aktivitas
belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata yang dicapai siswa pada indikator
aktivitas belajar siswa pada siklus II. Skor rata-rata indikator aktivitas siswa pada
siklus I
yaitu sebesar 57% atau termasuk dalam kriteria sedang maka pada siklus II
pertemuan ke 2 meningkat menjadi 81,6% atau dalam kriteria tinggi. Pada kreativitas
belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari skor rata
-rata
pada siklus I yaitu sebesar 2,3 atau dengan kriteria sedang dan pada siklus II
meningkat lagi yaitu sebesar 2,80 dengan kriteria tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
aktivitas dan kreativitas belajar siswa de
ngan menggunakan media pembelajaran
berbasis website. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah diharapkan
guru mata pelajaran
pemasaran barang dan jasa di kelas XI PM 2 SMKN 1 Tanggul
Jember
tahun ajaran 2011/2012 ialah guru tetap menggunakan media pembelajaran
berbasis Website dalam proses pembelajaran pemasaran barang dan jasa khususnya
pada pokok bahasan system informasi dan teknologi penjualan agar pemebelajaran
berjalan lebih interaktif sehingga memudahkan siswa dalam melaksanakan prakte
k
secara langsung pada proses pembelajaran . | en_US |