• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    Yuanita Kenanga Putri - 070210391163_1.pdf (1.429Mb)
    Date
    2013-12-15
    Author
    Yuanita Kenanga Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran yang selam ini ditetapkan di sekolah-sekolah masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut akan berdampak pada proses belajar mengajar dimana aktivitas belajar siswa yang rendah dan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar di SMA Negeri 3 Lumajang. Agar siswa memiliki aktivitas belajar dan hasil belajar yang lebih baik, guru harus selektif dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi. Salah satu metodel pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi pokok bahasan pasar modal adalah metode problem solving. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode problem solving pada mata pelajaran ekonomi standart kompetensi pasar modal kelas XI IPS 2 SMA Nergeri 3 Lumajang tahun ajaran 2011/2012. Metode problem solving adalah metode mengajar yang menuntut siswa untuk aktif yang dilakukan dengan cara menghadapkan siswa pada suatu permasalahan untuk dapat dipecahkan secara berkelompok. Metode problem solving selama proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, karena pada metode problem solving siswa dilatih bagaimana mengutarakan pendapat dan siswa juga menghargai pendapat orang lain dengan tetap mengacu pada materi. Selain itu, penerapan metode problem solving juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena pada penerapan metode problem solving siswa diberikan waktu yang lebih lama untuk berfikir baik secara individu naupun kelompok. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan pasar modal kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Lumajang tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan aktivitas belajar tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 58,95% dan pada siklus II mendapat skor ratarata 67,29%. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria sedang menjadi aktif. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan nilai rata-rata 78,12% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan 84,37% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode problem solving pada bidang studi ekonomi berjalan dengan baik, siswa terlihat senang, aktif, dan antusias karena dalam metode problem solving ini menuntut siswa aktif dalam proses belajar mengajar dan melatih siswa berani bertanya maupun mengumukakan pendapat sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, sehingga siswa merasa mudah dalam mengerjakan soal dan memahami materi yang diberikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8944
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository