PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN PENGETAHUAN KONSUMEN TERHADAP PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA DI PERUSAHAAN RITEL INDOMARET
Abstract
Bauran promosi dan pengetahuan yang dimiliki oleh konsumen itu akan
mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Dilihat dari sisi konsumen sendiri
yang notabene memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi membuat konsumen mencari
informasi tentang tempat-tempat perbelanjaan yang sesuai dengan tujuannya. Setelah
melewati tahap-tahap informasi kemudian konsumen memilih untuk berbelanja di
Indomaret Jalan Gajah Mada N0. 20 Genteng-Banyuwangi. Di dalam penelitian ini,
yang dimaksud adalah pengambilan keputusan konsumen dalam berbelanja di
Indomaret Genteng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang
signifikan dari variabel bauran promosi dan pengetahuan konsumen terhadap proses
pengambilan keputusan konsumen dalam berbelanja di Indomaret Genteng
Banyuwangi. Selain itu juga ingin mengetahui manakah diantara variabel bauran
promosi dan pengetahuan konsumen yang mempunyai pengaruh yang paling
dominan terhadap proses pengambilan keputusan konsumen dalam berbelanja di
Indomaret Genteng Banyuwangi.
Bauran promosi yang diteliti meliputi, (1) periklanan, dengan item-item yang
menjadi operasional yaitu pemasangan iklan Indomaret di radio setempat dan
pemasangan banner Indomaret di tempat-tempat strategis, (2) promosi penjualan,
dengan item-item yang menjadi operasional yaitu pemberian hadiah berupa souvenir,
pemberian hadiah berupa kupon undian, dan pemberian potongan harga/rabat, (3)
penjualan pribadi, dengan item-item yang menjadi operasional yaitu diadakannya
roadshow yang dilakukan oleh tenaga penjual Indomaret. Pengetahuan konsumen
yang meliputi, (1) pengetahuan produk, dengan item-item yang menjadi operasional
yaitu tentang atribut atau ciri-ciri produk dan kualitas produk yang dijual di
Indomaret Genteng, (2) pengetahuan pembelian, dengan item-item yang menjadi
operasional yaitu tentang dimana dan kapan proses belanja itu terjadi.
Penelitian ini dilakukan di Indomaret Jalan Gajah Mada No. 20 Genteng
Banyuwangi. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive
area yaitu tempat penelitian ditentukan secara sengaja dengan pertimbanganpertimbangan
tertentu. Konsumen yang akan menjadi responden penelitian ini
didasarkan pada metode purposive sampling sebanyak 30 orang. Metode
pengumpulan data melalui metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis varian
garis regresi dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian membuktikan bahwa bauran promosi dan pengetahuan
konsumen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses pengambilan
keputusan konsumen dalam berbelanja di Indomaret Jalan gajah Mada N0. 20
Genteng Banyuwangi. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana F
> F
yaitu sebesar 13,728 >3,316 dengan taraf signifikansi 0.000. Koefisien
determinasi (R
tabel
squaare
)
sebesar 0,504 yang berarti bahwa besarnya varian bauran
promosi dan pengetahuan konsumen sebesar 50,4%, sisanya sebesar 49,6%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan adalah
bahwa bauran promosi dan pengetahuan konsumen telah terbukti mempengaruhi
proses pengambilan keputusan konsumen dalam berbelanja di perusahaan ritel
Indomaret Jalan Gajah Mada No. 20 Genteng-Banyuwangi. Variabel bauran promosi
berpengaruh dominan terhadap proses pengambilan keputusan konsumen dalam
berbelanja di perusahaan ritel Indomaret Jalan Gajah Mada No. 20 GentengBanyuwangi.