• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN PENGETAHUAN KONSUMEN TERHADAP PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA DI PERUSAHAAN RITEL INDOMARET

    Thumbnail
    View/Open
    WINDA CHRISTANTI FIRMANINGTYAS - 080210301010_1.pdf (115.4Kb)
    Date
    2013-12-15
    Author
    WINDA CHRISTANTI FIRMANINGTYAS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bauran promosi dan pengetahuan yang dimiliki oleh konsumen itu akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Dilihat dari sisi konsumen sendiri yang notabene memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi membuat konsumen mencari informasi tentang tempat-tempat perbelanjaan yang sesuai dengan tujuannya. Setelah melewati tahap-tahap informasi kemudian konsumen memilih untuk berbelanja di Indomaret Jalan Gajah Mada N0. 20 Genteng-Banyuwangi. Di dalam penelitian ini, yang dimaksud adalah pengambilan keputusan konsumen dalam berbelanja di Indomaret Genteng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari variabel bauran promosi dan pengetahuan konsumen terhadap proses pengambilan keputusan konsumen dalam berbelanja di Indomaret Genteng Banyuwangi. Selain itu juga ingin mengetahui manakah diantara variabel bauran promosi dan pengetahuan konsumen yang mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap proses pengambilan keputusan konsumen dalam berbelanja di Indomaret Genteng Banyuwangi. Bauran promosi yang diteliti meliputi, (1) periklanan, dengan item-item yang menjadi operasional yaitu pemasangan iklan Indomaret di radio setempat dan pemasangan banner Indomaret di tempat-tempat strategis, (2) promosi penjualan, dengan item-item yang menjadi operasional yaitu pemberian hadiah berupa souvenir, pemberian hadiah berupa kupon undian, dan pemberian potongan harga/rabat, (3) penjualan pribadi, dengan item-item yang menjadi operasional yaitu diadakannya roadshow yang dilakukan oleh tenaga penjual Indomaret. Pengetahuan konsumen yang meliputi, (1) pengetahuan produk, dengan item-item yang menjadi operasional yaitu tentang atribut atau ciri-ciri produk dan kualitas produk yang dijual di Indomaret Genteng, (2) pengetahuan pembelian, dengan item-item yang menjadi operasional yaitu tentang dimana dan kapan proses belanja itu terjadi. Penelitian ini dilakukan di Indomaret Jalan Gajah Mada No. 20 Genteng Banyuwangi. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu tempat penelitian ditentukan secara sengaja dengan pertimbanganpertimbangan tertentu. Konsumen yang akan menjadi responden penelitian ini didasarkan pada metode purposive sampling sebanyak 30 orang. Metode pengumpulan data melalui metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis varian garis regresi dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian membuktikan bahwa bauran promosi dan pengetahuan konsumen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses pengambilan keputusan konsumen dalam berbelanja di Indomaret Jalan gajah Mada N0. 20 Genteng Banyuwangi. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana F > F yaitu sebesar 13,728 >3,316 dengan taraf signifikansi 0.000. Koefisien determinasi (R tabel squaare ) sebesar 0,504 yang berarti bahwa besarnya varian bauran promosi dan pengetahuan konsumen sebesar 50,4%, sisanya sebesar 49,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan adalah bahwa bauran promosi dan pengetahuan konsumen telah terbukti mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen dalam berbelanja di perusahaan ritel Indomaret Jalan Gajah Mada No. 20 Genteng-Banyuwangi. Variabel bauran promosi berpengaruh dominan terhadap proses pengambilan keputusan konsumen dalam berbelanja di perusahaan ritel Indomaret Jalan Gajah Mada No. 20 GentengBanyuwangi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8942
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository