• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-The Research
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-The Research
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Food Bank Pendidikan Kewarganegaraan pada Mata Kuliah Wajib Umum

    Thumbnail
    View/Open
    F. KIP_Lap. Penelitian_Yayuk Mardiati_Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek melalui Food Bank.pdf (3.297Mb)
    Date
    2019-01-09
    Author
    Mardiati, Yayuk
    Leba, Katarina
    Fitriyah, Chumi Zahroul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Implementasi kurikulum 2013 memerlukan desain model pengembangan pembelajaran yang inovatif. Namun demikian, desain instruksional mata kuliah pendidikan Kewarganegaraan masih banyak masalah berkaitan dengan desain model pembelajaran serta implementasinya sesuai dengan karakter pendidikan Kewarganegaraan yang syarat dengan nilai-nilai humaniora. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) yang harus diambil oleh semua mahasiswa SI ditiap-tiap program studi. Akan tetapi, pada umumnya mahasiswa mengambil mata kuliah pendidikan Kewarganegaraan hanya untuk memenuhi syarat kelulusan saja. Sementara, metode atau model pembelajaran yang digunakan beberapa dosen kurang menekankan pada mahasiswa sebagai warga negara yang menjadi bagian dari solusi, termasuk kontribusi mahasiswa dalam mengimplementasikan nilai-nilai kemanusiaan secara nyata di lapangan. Untuk itu, perlu mendesain model Pembelajaran Berbasis Proyek melalui Food Bank mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan penelitian ini adalah berupa produk desain pengembangan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) melalui Food Bank. Secara khusus, penelitian ini menghasilkan desain pengembangan model pembelajaran yang menekankan pada analisis kebutuhan, kepraktisan, dan keefektifan pembelajar di abad 21 yang dikembangkan dalam 7 tahap yaitu: (1) menentukan pertanyaan mendasar, (2) menyusun perencanaan proyek, (3) menyusun jadwal, (4) monitoring kegiatan, (5)menguji hasil, (6) evaluasi pengalaman, dan (7) mempresentasikan hasil belajar melalui unjuk kerja (showcase). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research Development). Secara operasional, proses pengembangan mengacu pada modifikasi model penelitian dan pengembangan Gall and Gall, dengan memperhatikan tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap validasi. Pada tahap studi pendahuluan, dikaji tentang studi literatur yaitu studi lapangan tentang bentuk atau pola sejenis yang sudah ada, mendeskripsikan dan menganalisis temuan lapangan. Pada tahap pengembangan, merumuskan desain dan penyusunan model pembelajaran awal. Tahapan ini merupakan tahun pertama dilakukan studi kelayakan melalui uji coba produk secara terbatas (1 kelas PKn MKWU Universitas Jember). Untuk tahun ke 2 atau terakhir dilakukan uji coba produk lebih luas (3 kelas PKn MKWU Universitas Jember) untuk mengetahui keefektifan desain model selanjutnya dilakukan evaluasi dan perbaikan. Hasil uji coba produk dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD) untuk penyempurnaan model yang siap dilakukan uji validasi. Pada tahap validasi, tim ahli (expert) menguji hasil pengembangan model dan memvalidasi produk dalam rangka finalisasi produk akhir.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89374
    Collections
    • LSP-The Research [168]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository