Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Ekspositori
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran
yang kurang tepat khususnya pada siswa kelas X.4 di SMA Negeri Plus
Sukowono. Terbukti dengan perolehan nilai ulangan harian siswa pada materi
perilaku konsumen dan produsen mencapai ketuntasan 58,8 % serta aktifitas
belajar yaitu 57,5 %. Nilai ulangan harian tersebut lebih rendah jika dibandingkan
dengan kelas X yang lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana
proses penerapan metode ekspositori dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi perilaku konsumen dan
produsen di kelas X4 SMAN Plus Sukowono Kabupaten Jember tahun ajaran
2010-2011. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar ekonomi (materi perilaku konsumen dan produsen pada siswa kelas
X4 tahun ajaran 2010-2011 di SMA Negeri PLUS Sukowono) dengan penerapan
metode ekspositori.
Penelitian ini menggunakan dasar teori yang dikemukakan oleh Dimyati dan
Mudjiono bahwa metode ekspositori dapat memindah pengetahuan, keterampilan
dan nilai-nilai kepada siswa yang menuntut siswa berperan aktif dalam proses
pembelajaran, sehingga metode ekspositori dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Menurut Herman Hudoyo (2008:181) metode ekspositori dapat
meliputi gabungan dari metode ceramah, tanya jawab dan metode pemberian
tugas.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penentuan tempat
penelitian ini menggunakan metode purposive area yaitu tempat penelitian sudah
ditentukan dengan sengaja disesuaikan dengan tujuan penelitian yakni di kelas
X.4 SMA Negeri Plus Sukowono. Penentuan responden pada penelitian ini
menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas X.4 sebanyak 34 siswa yang
terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Peneliti menggunakan
sumber data primer dan sekunder. Metode yang peneliti gunakan untuk
mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis
data pada penelitian ini antara lain dengan penerapan metode ekspositori, kegiatan
guru selama mengajar, aktivitas dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode ekspositori dapat
membantu guru dalam meningkatkan Aktivitas belajar siswa dari 67,2% menjadi
80,7%, dan aktivitas belajar siswa dapat dikatakan sangat aktif. Ketuntasan hasil
belajar siswa kelas X.4 juga mengalami peningkatan yang ditandai dengan
perolehan nilai test pada siklus I yaitu 88,2% meningkat menjadi 94,1%. Hal ini
berarti telah melebihi target pencapaian kompetensi suatu indikator yang
ditetapkan sekolah yaitu 75%. Pembelajaran dengan menggunakan metode
ekspositori pada materi perilaku konsumen dan produsen di Kelas X.4 SMA
Negeri Plus Sukowono Kabupaten Jember merupakan salah satu alternatif yang
dapat dipilih dan digunakan oleh guru dalam upaya peningkatan aktivitas dan
hasil belajar siswa.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode ekspositori dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X4 SMA Negeri Plus
Sukowono pada mata pelajaran Ekonomi materi perilaku konsumen dan produsen
semester ganjil tahun 2011-2012. Peningkatan aktivitas belajar siswa mengalami
peningkatan dari kriteria cukup aktif pada siklus I menjadi sangat aktif pada siklus
II, serta terjadi peningkatan pada hasil belajar klasikal dengan kriteria tuntas.