Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbantuan Media Boneka Tongkat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Sdn Kebonsari 01 Jember
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model CTL (Contextual Teaching
And Learning) berbantuan media boneka tongkat dengan metode konvensional,
tema daerah tempat tinggalku terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN
Kebonsari 01 Jember semester 2 Tahun ajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan
Rata-rata nilai kognitif yang diperoleh melalui post-test pada kelas eksperimen
sebesar 83,94 dan kelas kontrol 58,00. dan Rata-rata nilai afektif yang diperoleh
melalui observasi pada kelas eksperimen sebesar 76,13 dan rata- rata nilai afektif
pada kelas kontrol sebesar 58,9. Rata-rata nilai psikomotorik yang diperoleh
melalui observasi pada kelas eksperimen 83,71 dan pada kelas kontrol 55,30.
Hasil perhitungan ER menunjukkan model CTL (Contextual Teaching And
Learning) berbantuan media boneka tongkat lebih efektif sebesar 36,55 % pada
hasil belajar kognitif, 40,87 % pada hasil belajar afektif, dan 25,53 % pada hasil
belajar psikomotorik, dari hasil perhitungan ER menunjukkan bahwa penggunaan
CTL (Contextual Teaching And Learning) berbantuan media boneka tongkat lebih
baik jika dibanding hasil belajar terhadap ranah kognitif, afektif dan psikomotorik
pada siswa yang diajar menggunakan metode konvensional.