Pengaruh Permainan Puzzle Buah Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A Di TK Al Hidayah 75 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018
Abstract
Banyak aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini yaitu
perkembangan moral agama, bahasa, kognitif, sosial emosional, fisik motorik dan
seni. Anak usia dini memiliki kemampuan kognitif yang berbeda-beda,
perkembangan kognitif setiap anak dapat dipengaruhi oleh faktor keluarga dan
faktor lingkungan anak. Mengingat pentingnya perkembangan kognitif anak usia
dini, guru maupun orang tua harus mengetahui permainan yang tepat untuk
mengembangkan kognitif anak. Banyak sekali media yang dapat digunakan untuk
merangsang perkembangan kognitif anak usia dini. Salah satunya yaitu dengan
menggunakan media puzzle buah angka. Permainan puzzle untuk anak usia dini
memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, tingkat kesulitannya disesuaikan
dengan usia anak. Menggunakan media pembelajaran puzzle buah angka,
diharapkan anak mampu memahami angka dan warna dengan baik, dan dapat
menstimulasi konsentrasi anak dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang
menarik juga dapat meningkatkan minat anak untuk mengikuti pembelajaran,
dengan begitu akan lebih mudah mengembangkan kognitif anak.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah pada
penelitian ini adalah adakah Pengaruh Permainan Puzzle Buah Angka Terhadap
Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A TK AL HIDAYAH 75 Kecamatan
Ambulu Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Permainan Puzzle Buah Angka
Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A TK AL HIDAYAH 75
Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimental dengan pola penelitian quasi eksperimental yang menggunakan
desain non-equivalent control group. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak
kelompok A TK AL HIDAYAH 75 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember tahun
ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 anak. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan metode tes hasil
belajar. Analisis data dalam penelitin ini ada tiga, yaitu analisis uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Mei
2018 hingga 02 Juni 2018 dengan jumlah pertemuan sebanyak 8 kali pertemuan.
Kegiatan tersebut meliputi; pemberian pretest kepada kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol, pemberian treatment yang berbeda kepada kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol, serta pemberian posttest kepada kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan setelah dilakukan analisis
data maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan puzzle buah angka
terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK AL HIDYAH 75
Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember tahun ajaran 2017/2018, karena hasil
perhitungan uji t menunjukkan angka sebesar 5,352 apabila dibandingkan dengan
ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan N 36 yang besarnya 2,033 maka
dinyatakan thitung > ttabel yaitu 5,352 > 2,033.
Saran yang dapat disampaikan yaitu guru hendaknya menggunakan
berbagai media pembelajaran untuk mengoptimalkan kemampuan kognitif anak
serta dapat meningkatkan keterampilan dan kreatifitas dalam memilih media
pembelajaran yang tepat. Sebagai acuan untuk membuat bahan penelitian dengan
media yang sama tentang pengenalan konsep angka dengan menggunakan media
puzzle tiruan.