• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembentukan Self Direction Melalui Pembelajaran Metode Praktek pada Pelatihan Otomotif di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Miftah Dini Sulas Sri-140210201034.pdf (2.832Mb)
    Date
    2018-12-26
    Author
    SRI, Miftah Dini Sulas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setiap individu saat ini dituntut untuk dapat memiliki keterampilan agar dapat bersaing dalam dunia kerja. Namun kenyataannya masih banyak individu yang berasumsi bahwa dalam persaingan dunia kerja hanya membutuhkan pendidikan yang tinggi tanpa adanya soft skill atau keterampilan lain. Sehingga banyak individu tanpa memiliki keterampilan yang justru kebingungan dalam mencari kerja. Namun banyak individu yang memiliki keterampilan tidak mampu untuk menentukan arah dan tujuan yang ingin dicapainya, sehingga ia tidak mampu mengambil keputusan bagi dirinya sendiri. Hal tersebut muncul akibat kurangnya pengalaman, maka sangat perlu untuk adanya suatu latihan atau praktek dimana dalam hal tersebut tidak hanya melibatkan aspek psikomotorik saja namun melibatkan aspek kognitif, yang nantinya dapat memunculkan inisiatif dan sikap mandiri dalam diri individu. Ketika seorang individu bertanggung jawab untuk merencanakan, memulai dan melaksanakan pembelajarannya sendiri maka perilaku tersebut dapat disebut sebagai Self Direction. Dimana Self Direction merupakan sebuah proses individu mengambil inisiatif dengan atau tanpa bantuan orang lain, dan dalam prosesnya dilakukan dengan menyadari kebutuhan sendiri dalam belajar, mengatur tujuan hidup, membuat keputusan pada sumber belajar dan strategi belajar, serta menilai hasil belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pembentukan Self Direction melalui pembelajaran metode praktek pada pelatihan otomotif di UPT pelatihan Kerja Jember. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ditentukan menggunakan teknik Purposive Area, adapun lokasi penelitian dilakukan di UPT pelatihan Kerja Jember. Informan penelitian ditentukan menggunakan teknik Snowball Sampling, dimana peserta dan instruktur pelatihan otomotif sebagai informan kunci, sedangkan informan pendukung dalam penelitian ini yakni Kepala Bagian Humas UPT Pelatihan Kerja Jember dan alumni pelatihan otomotif tahun 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, peningkatan pengamatan, dan triangulasi sumber serta triangulasi teknik. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk narasi dan dianalisis menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, yang dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya pembentukan Self Direction pada peserta pelatihan melalui pembelajaran metode praktek. Dimana peserta memiliki kesiapan belajar dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan selama pelatihan, peserta mampu memahami proses pembelajaran yang dilakukannya, peserta juga mengerti akan kekurangannya dan kesulitan yang dihadapinya, ketika peserta mengalami kesulitan selama proses pembelajaran maka hal tersebut dapat menumbuhkan inisiatif peserta. Selama proses pembelajaran yang dilakukan peserta diberikan tugas untuk mempraktekkan secara langsung materi yang diperoleh dan peserta mampu mengerjakan tugas yang diberikan secara mandiri. Setelah mengikuti proses pelatihan peserta mampu menentukan tujuan yang akan dicapai, selain itu peserta mengaplikasikan materi pelatihan untuk bekerja di bidang otomotif, maupun menjadikannya sebagai peluang untuk berwirausaha. Kesimpulan dari hasil penelitian yakni proses pelatihan yang dilakukan dapat membentuk kemampuan mengarahkan diri bagi peserta. Selama proses pembelajaran peserta diberikan tugas yang harus dikerjakan secara mandiri, ketika mengalami kesulitan dalam pembelajaran hal tersebut dapat memunculkan inisiatif peserta, selain itu peserta mampu menentukan tujuan yang akan dicapai setelah mengikuti pelatihan, dan mampu mengaplikasikan hasil pelatihan dalam bekerja maupun berwirausaha. Adapun saran bagi Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Jember untuk mampu mengembangkan sistem pembelajaran yang diterapkan. Dan bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian serupa dapat melakukan penelitian terkait media pembelajaran yang digunakan dalam proses pelatihan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89207
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository