• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Berpikir Aljabar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berpikir Tingkat Tinggi

    Thumbnail
    View/Open
    Lailatus Sa’adah -.pdf (2.426Mb)
    Date
    2018-12-21
    Author
    SA'ADAH, Lailatus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aljabar merupakan salah satu cabang matematika yang mempelajari konsep atau prinsip penyederhanaan serta pemecahan masalah dengan menggunakan simbol atau huruf tertentu. Berpikir aljabar adalah kegiatan mental siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aljabar. Jika Dilihat dari data Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2011 terhadap siswa SMP di Indonesia pada domain materi kemampuan aljabarnya berada pada paling rendah dengan rata-rata presentasenya yaitu 22% (Rosnawati, 2013). Soal berpikir tingkat tinggi adalah soal yang digunakan untuk mengukur indikator menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6). Namun, Soal berpikir tingkat tinggi bukan berarti soal yang lebih sulit daripada soal yang lebih ke indikator mengingat (recall). Soal tersebut biasanya berbeda dengan contoh soal yang biasa diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan soal matematika berpikir tingkat tinggi. Indikator yang digunakan yaitu: 1) menuliskan apa yang diketahui dan ditanya pada soal, 2) menentukan variabel dari soal, 3) membuat model matematika dari variabel yang telah dibentuk sesuai dengan soal, 4) menerapkan model matematika untuk menyelesaikan soal, 5) menerapkan nilai variabel untuk menentukan nilai akhir dari soal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian de Metode tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan soal tes berpikir aljabar yang terdiri dari 2 soal matematika tingkat kognitif mengevaluasi (C5) dan mengkreasi (C6) kepada siswa. Hasil tes berpikir aljabar siswa kemudian dianalisis, selanjutnya ditetapkan 4 siswa yang hasil tesnya memenuhi indikator paling banyak dari berpikir aljabar dengan kategori minimal 4 indikator terpenuhi. Setelah itu, kepada 4 siswa tersebut dilakukan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berpikir aljabar, lembar validasi, dan pedoman wawancara. Semua instrumen yang digunakan telah diuji validitas dan telah dinyatakan valid. Pengambilan data dimulai dari tanggal 30 Januari 2018 hingga 13 Februari 2018 di SMP Negeri 1 Jenggawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir aljabar siswa SMP Negeri 1 Jenggawah kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika tingkat kognitif mengevaluasi (C5) dan mengkreasi (C6) bisa dikatakan baik karena dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanya sudah lengkap dan benar, meskipun dalam lembar jawaban menuliskan apa yang diketahui dalam bentuk model matematikanya tetapi dalam menjelaskan sudah menggunakan kalimat sendiri. Dalam menentukan variabel dari soal, siswa sudah bisa melakukannya meskipun untuk makna khusus dari variabel masih kurang tepat namun ketika sudah dibimbing siswa dapat menjawab dengan benar. Siswa bisa membuat model matematika berdasarkan variabel yang dibentuk dengan menguhubungkan apa yang diketahui dari soal dan variabel yang dibuat. Siswa dapat menerapkan model matematika untuk menentukan nilai dari masing-masing variabel dengan tepat menggunakan metode-metode yang telah dipelajarinya. Siswa dapat menerapkan nilai dari masing-masing variabel untuk menentukan nilai akhir dengan mensubstitusi nilai dari masing-masing variabel sehingga dapat menyelesaikan soal dengan benar. Dalam menyelesaikan kedua soal matematika berpikir tingkat tinggi ini, siswa mampu mengaplikasikan konsep berpikir aljabar yang dilihat setelah siswa memenuhi indikator menentukan variabel dari soal, membuat model matematika, dan menerapkan model matematika. Terdapat perbedaan proses dari keempat subjek dalam penggunaan simbol. Simbol yang digunakan berupa huruf (variabel) yang berbeda-beda. Selain itu, keempat subjek melakukan empat akivitas berpikir yaitu generalisasi, abstraksi, berpikir analitis, dan pemodelan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89106
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository