Show simple item record

dc.contributor.authorSetyanti, Sri Wahyu Lelly Hana
dc.contributor.authorFarida, Lilik
dc.date.accessioned2018-12-12T08:19:16Z
dc.date.available2018-12-12T08:19:16Z
dc.date.issued2018-12-12
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89013
dc.description.abstractPemerintah Indonesia saat ini giat mensosialisasikan ekonomi kreatif guna mengurangi angka pengangguran oleh karena ekonomi kreatif ramah lingkungan dan sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia sudah menunjukkan peningkatan yang cukup baik walaupun potensi ini masih terbuka luas untuk lebih dikembangkan lagi mengingat Indonesia memiliki sumber daya manusia yang cukup teruji di dunia internasional. Untuk itu pemetaan potensi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bidang ekonomi kreatif di Kabupaten Jember harus segera dilaksanakan karena Kabupaten Jember memiliki keunggulan di bidang ekonomi dan budaya yang beraneka ragam. Penelitian ini mengajukan disain pengembangan model entrepreneurship orientation sebagai upaya pengembangan sentra UKM bidang ekonomi kreatif di Kabupaten Jember Salah satu elemen penting dalam mewujudkan pengembangan sentra UKM bidang ekonomi kreatif di Kabupaten Jember adalah dengan pembentukan roadmap UKM bidang ekonomi kreatif dengan melakukan pemetaan potensi ekonomi kreatifnya pada masing-masing subsektornya. Ada 15 sektor ekonomi kreatif yaitu : Periklanan, Arsitektur, Pasar Barang Seni, Kuliner, Kerajinan, Desain, Fashion, Video, Film dan Fotografi, Permainan Interaktif, Musik, Seni Pertunjukan, Penerbitan dan Percetakan, Layanan Komputer dan Piranti Lunak, Televisi dan Radio, serta Riset dan Pengembangan. Berdasarkan data dan roadmap Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Jember memiliki 3 sektor unggulan UKM bidang ekonomi kreatif yang memiliki potensi untuk dikembangkan yaitu UKM fashion, kerajinan dan kuliner. Untuk Populasi penelitian adalah UKM potensial sebagai sentra ekonomi kreatif di Kabupaten Jember dengan sampel penelitian 120 UKM bidang ekonomi kreatif. Data penelitian adalah data primer dan sekunder ya n g di analisis secara proporsional. Analisis data dengan analisis strength, weakness, opportunity dan threat (SWOT) dan menggunakan analisis deskriptif. Metode pendekatan yang digunakan adalah action research, yakni kegiatan penelitian yang dilanjutkan dengan aksi/implementasi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectmodel entrepreneurship orientationen_US
dc.subjectEkonomi Kreatifen_US
dc.subjectpengembangan sentra UKM bidang ekonomi kreatifen_US
dc.titleDisain Pengembangan Model Entrepreneurship Orientation Sebagai Upaya Mendorong Pengembangan Sentra UKM Bidang Ekonomi Kreatif di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record