• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Historical Comprehension Dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Ips 3 Di Sma Negeri Jenggawah Tahun Ajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Eka Setyorini-140210302002.pdf a.pdf (2.379Mb)
    Date
    2018-12-11
    Author
    Setyorini, Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan discovery learning dapat meningkatkan historical comprehension peserta didik sejarah di kelas XI IPS 3 SMA Negeri Jenggawah tahun ajaran 2017/2018. Historical comprehension dapat diukur dengan indikator berikut ini: mengidentifikasi sumber sejarah dan menilai kredibilitasnya pada siklus 1 sebesar 49,3% pada siklus 2 meningkat menjadi 64,7% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 77,2%. Pada indikator menggambarkan kembali makna dari peristiwa sejarah pada siklus 1 sebesar 69,11% pada siklus 2 meningkat menjadi 78,68 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 85,29%. Pada indikator membaca cerita sejarah secara imajinatif pada siklus 1 sebesar 57,35% pada siklus 2 meningkat menjadi 74,27% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 80.15%. Pada indikator menghargai perspektif sejarah pada siklus 1 sebesar 52,94% pada siklus 2 meningkat menjadi 66,91% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 75%. Perolehan hasil historical comprehension dari siklus 1 hingga siklus 3 telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu terdapat peningkatan historical comprehension peserta didik kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Jenggawah dengan kriteria baik. Peningkatan tersebut memberikan dampak posistif karena peserta didik lebih memahami konten atau materi yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran sejarah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89007
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository