• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Organizational Citizenship Behavior (OCB) dalam Memediasi Pengaruh Employee Engagement dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. BCA, Tbk Cabang Jember

    Thumbnail
    View/Open
    MAHMUD FATONI - 160820101002.pdf (2.180Mb)
    Date
    2018-12-04
    Author
    FATONI, Mahmud
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Karyawan yang memiliki komitmen tinggi akan tergambar dalam perilaku, loyalitas pada organisasi, dan kontribusi yang melebihi peran ditempat kerja. Kinerja dapat terwujud dengan baik jika terdapat Employee Engagement, komitmen organisasi dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) yang baik pula dari karyawan. Rasa loyal terhadap organisasi serta kontribusi yang tinggi, secara langsung akan berdampak pada kinerja karyawan. Kinerja karyawan menjadi baik, karena ada rasa tanggungjawab yang besar didalamnya. Variabel Employee Engagement, komitmen organisasi dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) menjadi menarik untuk diteliti karena saat ini organisasi sangat membutuhkan karyawan yang loyal dan memiliki komitmen tinggi agar dapat bertahan dan berkembang, khususnya dalam bidang perbankan yang saat ini ada banyak perubahaan dalam pengunaan teknologi dalam menjalankan operasional serta dalam memberikan layanan kepada customernya.. PT. BCA, Tbk cabang Jember adalah termasuk cabang dimana terdapat komposisi karyawan senior dengan yunior hampir sama jumlahnya yang terpaut jauh secara umur serta berada dalam satu proses kerja dan tim kerja, disamping itu para pejabat pejabat yang ada harus memimpin para karyawan yang beda generasi. Dari hal diatas diduga ada permasalahan terhadap Employee Engagement dan komitmen organisasi para karyawan, dan hal itulah yang menjadikan penelitian ini perlu di lakukan Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Employee Engagement dan Komitmen Organisasi di PT. Bank central Asia, Tbk cabang Jember, dimana Employee Engagement dan Komitmen Organisasi tersebut mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior (OCB ) di PT. Bank Central x Asia, Tbk cabang Jember, selanjutnya Organizational Citizenship Behavior (OCB) yang memediasi Employee Engagement dan komitmen Organisasi di PT. Bank central Asia, Tbk cabang Jember tersebut dapat mempengaruhi kinerja. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan dari PT. BCA, Tbk Cabang Jember sebanyak 162 orang, yang terbagi dalam dua jenis yaitu karyawan tidak tetap ( bhakti ) sejumlah 41 orang dan karyawan tetap sejumlah 121 orang. Dikarenakan Jumlah karyawan PT. BCA, Tbk Cabang Jember berjumlah 162 orang maka populasi dalam penelitian ini bertindak pula sebagai sampel atau dapat dikatakan bahwa penelitian ini menggunakan metode penelitian sensus yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti seluruh elemen populasi sebanyak 162 karyawan. Pengujian hipotesis menggunakan alat uji analisis path. Setelah dilakukan analisis data, dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu: a). Employee engagement secara signifikan berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan, b) Komitmen organisasi secara signifikan berpengaruh langsung positif signifikan terhadap kinerja, c) Employee engagement secara signifikan berpengaruh langsung terhadap OCB, d).Komitmen organisasi secara signifikan berpengaruh langsung positif signifikan terhadap OCB, e) OCB secara signifikan berpengaruh langsung positif signifikan terhadap kinerja karyawan, d). Employee engagement secara signifikan berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja karyawan melalui OCB, f).Komitmen organisasi secara signifikan berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja karyawan melalui OCB. artinya hasil analisis menunjukkan bahwa karyawan pada PT. BCA, Tbk Cabang Jember memiliki kekuatan,dedikasi, konsertrasi terhadap pekerjaan, penerimaan terhadap tujuan perusahaan, keinginan untuk bekerja keras dan hasrat bertahan untuk menjadi bagian dari PT. BCA, Tbk Cabang Jember sehingga muncul perilaku membantu rekan kerja, perilaku menerima kondisi atau keadaan yang tidak menyenangkan dan kurang ideal dan tanggungjawab dalam aktivitas kehidupan perusahaan yang menimbulkan peningkatan kualitas, kuantitas, ketepatan, efektivitas dan kemandirian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88948
    Collections
    • MT-Management [545]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository