dc.description.abstract | Karakteristik kurikulum 2013 adalah menempatkan siswa sebagai pusat aktivitas belajar, artinya guru hanya sebagai fasilitator dalam kelas. Kurikulum 2013 mengacu pada filsafat pendidikan konstruktivisme. Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Dabasah 4 Bondowoso, fakta yang ditemukan di lapangan bahwa masih rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan antara lain; kurangnya ketertarikan dan rendahnya minat baca siswa terhadap bacaaan – bacaan yang terdapat pada buku paket, keterlibatan siswa terbatas hanya pada siswa yang berkemampuan akademik tinggi, sedangkan siswa berkemampan akademik rendah cenderung tidak memperhatikan proses pembelajaran, karena guru tidak menggunakan media atau sumber belajar yang. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media brosur yang memiliki warna dan gambar menarik, serta informasi yang mudah dipahami. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah proses penggunaan media pembelajaran brosur dan hasil belajar tema indahnya keragaman di negeriku siswa kelas IV SDN Dabasah 4 Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018?” Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penggunaan media pembelajaran brosur untuk meningkatkan hasil belajar tema indahnya keragaman di negeriku siswa kelas IV SDN Dabasah 4 Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Dabasah 4 Bondowoso Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Penggunaan media 2 pembelajaran brosur pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV SDN Dabasah 4 Bondowoso berjalan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat sebelumnya. Proses penggunaan media pembelajaran brosur yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Dabasah 4 Bondowoso tema indahnya keragaman di negeriku tahun pelajaran 2017/2018 yaitu: 1) Siswa telah fokus saat proses pembelajaran baik siswa yang memiliki kemampuan akademik rendah dan tinggi. 2) Siswa telah memiliki minat baca terhadap bacaan pada media pembelajaran brosur terbukti dengan kemampuan mempresentasikan hasil diskusi dengan menyampaikan seluruh informasi yang terdapat pada media pembelajaran brosur. 3) Siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengan benar setelah kegiatan tanya jawab. Penggunaan media pembelajaran brosur pada tema indahnya keragaman di negeriku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Dabasah 4 Bondowoso. Diperoleh ranah afektif pada kegiatan prasiklus 55,81 dengan kategori kurang, siklus I sebesar 65,52, dan siklus II sebesar 72,74, sehingga dari kegiatan prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan 9,71, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 7,22. Hasil belajar siswa pada kegiatan prasiklus sebesar 72,35, siklus I sebesar, dan siklus II sebesar 78,88, sehingga dari kegiatan prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan 2,67, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 3,86. Ranah psikomotorik siswa pada kegiatan prasiklus sebesar 60,26, siklus I sebesar 65,56, dan siklus II 74,78, sehingga dari kegiatan prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan 5,3, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 9,22.Saran bagi guru, diharapkan mampu menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif saat pembelajaran di kelas sehingga siswa lebih antusias dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat menambah pengetahuan baru atau referensi untuk penelitian selanjutnya. | en_US |