Show simple item record

dc.contributor.advisorKantun, Sri
dc.contributor.advisorDjaja, Sutrisno
dc.contributor.authorHasanah, Imro’atul
dc.date.accessioned2018-12-03T21:52:51Z
dc.date.available2018-12-03T21:52:51Z
dc.date.issued2018-12-03
dc.identifier.nim140210301042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88905
dc.description.abstractSiswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda dalam proses pembelajaran. Menurut Deporter dalam Suparman (2010:63), terdapat tiga tipe gaya belajar yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual adalah belajar dengan melihat, mengamati, menganalisis melalui bahan bacaan seperti diagram, bagan, grafik, dan tabel. Siswa dengan gaya belajar auditorial adalah belajar dengan lebih mengedepankan indra pendengar, siswa lebih mudah menerima informasi melalui ceramah, diskusi, debat, dan instruksi. Kemudian, gaya belajar kinestetik yang mana siswa lebih menyukai belajar melalui aktivitas fisik dan keterlibatan langsung yang dapat berupa menangani dan bergerak. Setiap siswa memiliki ketiga gaya belajar tersebut, namun jika dilihat dari karakteristik pada kompetensi dasar jurnal khusus maka siswa harus menyesuaikan gaya belajar dengan apa yang akan dipelajari. Gaya belajar visual umumnya disebut sebagai gaya belajar dengan cara pengamatan, gaya belajar ini sangat mengandalkan indera penglihatan (mata) dalam proses pembelajaran. Gaya belajar auditorial umumnya disebut sebagai gaya belajar dengan cara mendengarkan, gaya belajar ini sangat mengandalkan indera pendengaran (telinga) dalam proses pembelajaran. Gaya belajar kinestetik umumnya disebut sebagai gaya belajar dengan cara menangani, gaya belajar ini lebih mengedepankan aktivitas fisik. Dengan demikian, gaya belajar dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran yang di terima. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Jember, dan untuk mengetahui pengaruh yang paling dominan antara gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi pada kompetensi dasar jurnal khusus di SMK Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2017/2018 sehingga hipotesis dalam penelitian ini yaitu diduga ada pengaruh yang signifikan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap siswa kelas XI jurusan akuntansi pada kompetensi dasar jurnal khusus di SMK Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2017/2018, dan di duga ada pengaruh yang paling dominan antara gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi pada kompetensi dasar jurnal khusus semester genap di SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMK Negeri 1 Jember yang terletak di Jalan Jambu No.17, Patrang, Kabupaten Jember. Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan populasi penelitian. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 78 responden. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode angket, metode dokumen, metode observasi dan metode wawancara. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Jember, dan ada pengaruh yang paling dominan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Jember. Hipotesis yang menyatakan bahwa diduga ada pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Jember diterima atau mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar. Dan hipotesis yang menyatakan bahwa diduga ada pengaruh yang paling dominan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Jember diterima atau mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini artinya hipotesis tersebut terjawab secara simultan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 80,8%, dan secara parsial masing-masing mempunyai pengaruh untuk gaya belajar visual sebesar 35,00%, gaya belajar auditorial sebesar 20,38%, dan gaya belajar kinestetik sebesar 25,32%. Sedangkan sisanya yaitu 19,2% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kurikulum yang digunakan, fasilitas belajar, teman sebaya, metode pembelajaran yang diterapkan guru, dan lain-lain.. Hasil penelitian menyatakan bahwa gaya belajar yang paling dominan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Jember yaitu gaya belajar visual sebesar 35,00%. Oleh karena itu, dengan adanya gaya belajar yang dimiliki siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Jember menyebabkan hasil belajar siswa juga semakin tinggi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectJurnal Khususen_US
dc.subjectSMK Negeri 1 Jemberen_US
dc.subjectKompetensi Dasaren_US
dc.titlePengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi pada Kompetensi Dasar Jurnal Khusus di SMK Negeri 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2017/ 2018en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record