• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Dentistry
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Dentistry
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Persepsi Siswa tentang Media Pembelajaran yang digunakan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI AK di SMK Negeri 4 Jember Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018)

    Thumbnail
    View/Open
    Badiatul Hasanah-140210301067.pdf (1.250Mb)
    Date
    2018-12-03
    Author
    Hasanah, Badiatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran yang membutuhkan penggunaan media pembelajaran guna menunjang pembelajaran di kelas. Hal ini karena media pembelajaran dapat mempengaruhi belajar siswa. Media Pembelajaran merupakan bagian yang digunakan untuk mengirim informasi atau pesan kepada siswa. Media pembelajaran bisa memudahkan siswa untuk belajar dan media pembelajaran akan membuat siswa senang dan tidak bosan dengan proses pemebalajaran. Tapi dengan pengunaan media pembelajaran akan menumbuhkan motivasi belajar siswa kompilasi belajar berlangsung. Sesuai dengan konteks yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi semester genap SMK Negeri 4 Jember tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penentuan lokasi penelitian ini menggunakan metode purposive area yaitu di SMK 4 Jember. Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI jurusan Akuntansi di SMK Negeri 4 Jember yang leher 104 siswa. Metode pengumpulan data yang terdiri dari metode angket, metode dokumen, metode, dan metode wawancara. Teknik pengolahan data yang terdiri dari editing, skoring, dan tabulasi. Uji instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk metode analisis data menggunakan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi sederhana, analisis luas regresi, uji F, Efektifitas regresi (R2) dan standar estimasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi semester genap SMK Negeri 4 Jember tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungaan uji F, dimana nilai Fhitung 383,267> Ftabel 3,934 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <α = 0,05. Sedangkan besarnya berdasarkan media pembelajaran untuk belajar motivasi siswa kelas XI jurusan akuntansi semester genap SMK Negeri 4 Jember tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu sebesar 79%. Sedangkan 21% oleh variabel bebas yang tidak diteliti dalam penelitian seperti faktor dari siswa, lingkungan belajar siswa, dan lain-lain. Hal ini berarti bahwa penggunaan media pembelajaran bersih terhadap motivasi belajar siswa. Tuntutan yang dapat diberikan pada pihak SMK Negeri 4 Jember, untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana di sekolah, agar dapat berjalan dengan lancar. Bagi guru, untuk mempertahankan dan mengembangkan penggunaan media pembelajaran agar pembelajaran dapat optimal. Dan bagi yang lain, yang dibutuhkan dalam melakukan penelitian dengan menggunakan ini untuk mengambil variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini, dapat memberikan penelitian yang lebih baik dan layak sebagai refrensi penelitian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88888
    Collections
    • UT-Faculty of Dentistry [2108]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository