dc.description.abstract | Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika di
SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, Guru cenderung
menggunakan teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa
kurang menyenangi pelajaran Matematika dan akibatnya hasil belajar menjadi
rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan
pembelajran matematika realistik pokok bahasan perkalian untuk siswa kelas II
SDN Gesang 01 (2) untuk mengetagui aktivitas siswa dan guru dalam
menerapkan pembelajaran matematika realistik pokok bahasan perkalian untuk
siswa kelas II SDN Gesang 01 (3) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa
telah mengikuti pembelajaran matematika realistik pokok bahasan perkalian untuk
siswa kelas II SDN Gesang 01
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gesang 01 yang terdiri dari 34 siswa ,
21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok
yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kulitatif dan jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Metode Demonstrasi data melalui observasi, wawancara, tes, dokumentasi teknis.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Deskriptif kulitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawncara dan
dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu.
Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 26 Januari 2010 sampai 27 Juni 2010
dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN Gesang 01 Kecamatan Tempeh
Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas
guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi
diketahui bahwa presentase aktivitas siswa selama pembelajaran perkalian
dengan menggunakan metode Demonstrasi adalah : Pada siklus I prosentase hasil
aktivitas siswa dengan criteria baik sebesar 65%; siklus II sebesar 91%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran matematika
realistik pokok bahasan perkalian dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan
merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotifasi siswa
untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa. | en_US |