Show simple item record

dc.contributor.authorSUCI MUTHOHAROH
dc.date.accessioned2013-12-14T05:50:57Z
dc.date.available2013-12-14T05:50:57Z
dc.date.issued2013-12-14
dc.identifier.nimNIM080210204208
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8885
dc.description.abstractFakta yang terjadi di lapangan, mayoritas siswa Sekolah Dasar tidak menyukai pelajaran matematika. Hal ini selain dikarenakan matematika dianggap sebagai pelajaran yang membosankan juga karena pembelajaran matematika disajikan dalam bentuk pembelajaran yang konvensional dan kurang melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa cenderung pasif selama pembelajaran. Selain itu, dalam pembelajaran guru jarang menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran bersifat abstrak. Metode demonstrasi yang dipadukan dengan batang napier merupakan metode pembelajaran yang memberikan porsi yang cukup banyak kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa tidak lagi menjadi obyek belajar tetapi sudah diposisikan sebagai subyek belajar. Penggunaan media pembelajaran batang napier dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan perkalian, karena dengan menggunakan batang napier pembelajaran menjadi bersifat konkrit. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi berbantuan batang napier; (2) untuk mengetahui aktivitas siswa secara perorangan dan kelompok selama pembelajaran perkalian dengan metode demonstrasi berbantuan batang napier; (3) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam operasi hitung perkalian dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan batang napier. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sidomekar 05 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember yang terdiri dari 30 siswa, 12 orang siswa laki-laki dan 18 orang viii siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 10 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis tes individu, dan tes kelompok. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 26 Agustus 2010 sampai 04 September 2010 dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri Sidomekar 05 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa secara perorangan dan kelompok, aktivitas guru, kemampuan siswa dalam melakukan perkalian. Persentase keterampilan siswa dalam menggunakan batang Napier pada pada siklus 1 adalah 73,83%, dan pada siklus 2 adalah 83,89%. Persentase aktivitas siswa dalam kelompok adalah 72,9% pada siklus 1 dan 83,3% pada siklus 2. Persentase aktivitas guru adalah 74,4% pada siklus 1 dan 90% pada siklus 2. Persentase peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan perkalian adalah 15,38% pada siklus I dan 52,74% pada siklus II. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa siswa kelas V telah mengalami peningkatan kemampuan perkalian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi berbantuan batang napier efektif digunakan pada pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian. Dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan batang napier dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan perkalian. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase peningkatan kemampuan siswa pada siklus I sebesar 15,38%, dan pada siklus II sebesar 52,74% diukur dari selisih skor pre-test yang digunakan sebagai nilai patokan dengan skor total pada siklus I dan siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204208;
dc.subjectMETODE DEMONSTRASI, MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIANen_US
dc.titlePENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN BATANG NAPIER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN SISWA KELAS V SDN SIDOMEKAR 05 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record