dc.description.abstract | Pendidikan merupakan masalah yang komplit dan komplek. Oleh karena
itu digunakan beberapa pendekatan dan metode penyajian dalam pencapaian
tujuan pendidikan semaksimal mungkin. Pendidikan juga memiliki dua unsur
penting, yaitu unsur pendidik dan anak didik, anak didik di sini merupakan subjek
penting dari pendidikan, anak didik harus senantiasa aktif dalam memanfaatkan
sepenuhnya lingkungan pendidikannya. Penerapan metode menulis puisi melalui
pendekatan emotif dengan menggunakan media gambar merupakan suatu metode
dalam belajar mengajar yang bertujuan meningkatkan keaktifan siswa dalam
belajarnya, agar siswa dapat mencapai tujuan pendidikan secara umum dengan
baik.
Adapun tujuan dari penulisan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui
penerapan pembelajaran bahasa indonesia pokok bahasan menulis puisi untuk
siswa kelas V SDN Klampar I Kecamtan Proppo Kab. Pamekasan. 2) Untuk
mengetahui aktifitas siswa dan guru dalam menerapkan pembelajaran bahasa
dengan pokok bahasan menulis puisi di SDN Klampar I. 3) Untuk mengetahui
ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran bahasa dengan bahasan
menulis puisi.
Jumlah. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN
Klampar I Kecamatan Proppo Pamekasan di mana jumlah subyek penelitian
adalah sebanyak 35 orang, terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa
perempuan siswa.
Penelitiannya adalah penelitian 2 siklus, siklus I dilaksanakan hari senin
tanggal 1 Februari 2010 sedangkan siklus 2 di lakukan pada Rabu tanggal 24
Februari 2010. Dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Klampar I
Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Sedangkan data yang diperoleh
berupa aktifitas siswa, guru dan tes individu. Berdasarkan hasil observasi
diketahui bahwa persentase selama pembelajaran menulis puisi melalui
pendekatan emotif dengan menggunakan media gambar adalah; pada siklus I
persentase hasil aktivitas dengan keriteria baik sebesar (42.9%), siklus II, jumlah
siswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 27 siswa (77.1%) dan yang
iv
v
memperoleh nilai tidak tuntas sebanyak 8 siswa. Maka berdasarkan hasil tersebut
diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal 90%.
Disimpulkan bahwa penerapan pendekatan emotif dengan menggunakan
media gambar memberikan dampak positif bagi peningkatan hasil belajar siswa
kelas V SDN Klampar I Proppo Pamekasan pada materi menulis puisi. | en_US |