Show simple item record

dc.contributor.authorSapta Yuli Hidayati
dc.date.accessioned2013-12-14T05:37:35Z
dc.date.available2013-12-14T05:37:35Z
dc.date.issued2013-12-14
dc.identifier.nimNIM070210204221
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8880
dc.description.abstractKesulitan siswa dalam memahami materi dalam pembelajaran IPS dikarenakan metode yang digunakan guru cenderung monoton yaitu ceramah dan penugasan. Juga anggapan siswa mengenai materi pembelajaran IPS yang bersifat hafalan saja. Hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan berbicara sendiri dengan teman sebangkunya dan cenderung bosan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini membuat hasil belajar siswa kurang dari standart ketuntasan yang ditentukan. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan metode permainan dengan bantuan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Pecoro 01 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2009/2010. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Pecoro 01 Kecamatan Rambipuji, dimulai pada tanggal 21 April 2010 sampai tanggal 05 Mei 2010, subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 28 anak, terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama siklus I dan II, jawaban guru dan siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. x Hasil analisis pada aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPS pada siklus I yaitu aktivitas guru mencapai 67%, aktivitas siswa mencapai 54,1% dengan kriteria cukup aktif,dan hasil belajar siswa 64,3%. Pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 94%, aktivitas siswa meningkat menjadi 71,4% dengan kriteria aktif, dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,6% . Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan metode permainan dengan bantuan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Pecoro 01 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember berjalan dengan baik dan membuat siswa senang, antusias, dan tertarik mengikuti pembelajaran (2) pembelajaran IPS dengan menggunakan metode permainan dengan bantuan media gambar dapat meningkatkan aktifitas siswa dari siklus I mencapai 54,1% dengan kriteria cukup aktif, kemudian mengalami peningkatan17,3% menjadi 71,4% dengan kriteria aktif, (3) ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 64,3% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 14,3% menjadi 78,6%. sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204221;
dc.subjectMETODE PERMAINAN, BANTUAN MEDIA GAMBARen_US
dc.titlePENGGUNAAN METODE PERMAINAN DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN JUAL BELI PADA SISWA KELAS III DI SDN PECORO 01 RAMBIPUJI JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record