dc.description.abstract | 1. Prosedur Pembayaran PKB pada SAMSAT Drive Thru :
a. Wajib Pajak sebelumnya menerima SMS PUSH oleh pegawai SAMSAT yang isinya pemberitahuan untuk membayar pajak. Lalu Wajib Pajak menyerahkan STNKB Asli dan Notice Pajak tahun lalu, KTP/SIM Asli yang namanya sesuai dengan yang ada di STNKB ke Petugas Dishub. ( dokumen dapat di lihat pada halaman 43 dan 44 pada nomor 1,2,3, dan 4)
b. Petugas Dishub mengarsipkan notice pajak tahun lalu menurut tanggal milik WP, lalu menyerahkan STNKB Asli, dan KTP/SIM Asli kepada petugas kepolisian
c. Petugas kepolisian mendaftar NOPOL WP yang tertera di STNKB pada komputer di aplikasi RETRIEVE, lalu mengesahkan STNK dengan tanda tangan dan stempel sebanyak dua kali, setelah itu petugas kepolisian menyerahkan kembali STNKB Asli dan KTP/SIM asli kembali kepada petugas DISHUB. (untuk formulir pendaftaran PKB di Loket 1 dapat di lihat di halaman 46)
d. Petugas DISHUB menyerahkan STNKB Asli dan KTP/SIM Asli kepada petugas kasir di loket 2
e. Petugas kasir menerima STNKB dan KTP/Sim Asli, lalu menetapkan biaya pajak tahunan yang sudah ada di komputer, di aplikasi RETRIEVE, mengeprint notice pajak baru warna coklat, hijau, dan kuning. (untuk formulir pembayaran PKB di Loket 2 bisa di lihat pada halaman 49)
f. Lalu petugas kasir memberitahukan Wajib Pajak tentang besaran biaya pajak yang harus dibayar, bersamaan dengan itu petugas kasir menyerahkan STNKB Asli, KTP/SIM Asli milik WP, kertas parkir g. sesuai dengan jenis kendaraannya, beserta notice pajak warna coklat yang baru. Notice pajak warna hijau diberikan ke kasi penagihan, dan yang warna kuning diberikan ke jasa raharja, dan dua-duanya diarsipkan menurut tanggal oleh masing-masing bagian . ( untuk penyerahan kembali dokumen-dokumen bisa di lihat pada halaman 45 dan 46)
h. Petugas menerima uang pajak dari Wajib Pajak, lalu menyimpannya ke dalam loker, untuk selanjutnya akan langsung dikirimkan ke bank JATIM.
2. Kegiatan yang dilakukan selana Praktek Kerja Nyata adalah :
a. Mendata Nomor Polisi setiap Wajib Pajak beserta nomor teleponnya.
b. Mengentri nomor telepon para Wajib Pajak.
c. Dinas Luar bersama pegawai SAMSAT.
d. Mengisi Notice Pajak.
e. Membantu bagian informasi.
3. Identifikasi Permasalahan dan Alternatif Solusi
a. Banyak dari Wajib Pajak tidak mengetahui persyaratan yang dibutuhkan untuk membayar pajak pada SAMSAT Drive Thru, oleh karena itu perlu adanya penyuluhan secara merata ke semua lapisan masyarakat agar mengerti bagaimana persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan jika hendak membayar di SAMSAT Drive Thru.
b. Banyak dari Wajib Pajak yang tidak melengkapi syarat-syarat pembayaran PKB namun tetap memaksa, dan enggan untuk melakukan apa yang pegawai sarankan kepada mereka agar bisa membayar PKB. Dengan masalah itu, mungkin bisa diatasi dengan pemberitahuan tegas dari pegawai terkait akan pentingnya mentaati peraturan yang sudah ada, sehingga tidak ada lagi Wajib Pajak yang memaksa, atau melakukan hal-hal lain yang tidak dikehendaki | en_US |