Prosedur Pelayanan Permintaan Penyambungan Baru Pada Pt. Pln (Persero) Area Jember
Abstract
Diawali dengan calon pelanggan mengajukan permohonan pemasangan
listrik baru dengan cara mudah yaitu mengakses website Pasang Baru (PB)
Online, lalu calon pelanggan dapat mengeklik pasang baru dan menyetujui semua
syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak PLN. Jika calon pelanggan
setuju dengan semua syarat dan ketentuan pemasangan tersebut, calon pelanggan
dapat mengeklik tombol “SETUJU”. Website Pasang Baru (PB) Online akan
menampilkan form pengajuan permohonan pemasangan baru listrik. Calon
pelanggan mengisi data yang diperlukan seperti nama, nomor identitas, alamat
lengkap, dan daya yang dibutuhkan. Setelah semuanya sudah terisi maka simpan
permohonan. Setelah itu calon pelanggan akan menerima email konfirmasi yang
dikirim oleh petugas.
Calon pelanggan melakukan verifikasi ulang dengan cara memasukkan
kode konfirmasi pada website Pasang Baru (PB) Online. Setelah kode konfirmasi
sudah valid dan permohonan pemasangan baru disetujui, maka calon pelanggan
akan mendapatkan email kembali berupa Surat Ijin Penyambungan (SIP) yang
didalamnya terdapat nomor agenda dan nomor registrasi guna keperluan
pembayaran yang wajib dilakukan oleh pelanggan.
Sebelum melakukan proses pembayaran, calon pelanggan harus
melakukan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL)
yang telah disepakati oleh kedua belah pihak dan calon pelanggan harus sudah
mempunyai instalasi listrik sendiri dan mempunyai Sertifikat Laik Operasi (SLO)
sebagai bukti bahwa instalasi listrik yang dimiliki oleh pelanggan sudah siap
dilakukan pemasangan aliran listrik. Setelah proses tersebut dilakukan maka calon pelanggan harus
menyelesaikan proses pembayaran yang telah disepakati pada surat perjanjian jual
beli tenaga listrik sebelumnya.
Tahap akhir yaitu proses penyambungan Kwh meter oleh petugas ke
instalasi listrik milik pelanggan, dan selanjutnya aliran listrik siap digunakan oleh
pelanggan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
Kegiatan Praktek Kerja Nyata ini terdapat beberapa kegiatan yang
dilakukan untuk membantu pihak PLN dalam menyelesaikan tugas-tugas kerja.
Dalam Praktek Kerja Nyata penulis ikut serta dalam menyelesaikan tugas bagian
Transaksi Energi Listrik yaitu membantu menginput data Kwh jual, membantu
menginput data Kwh beli pada aplikasi, membantu mengoperasikan Aplikasi
Catat Meter Terpusat (ACMT), membantu menginput data pemeriksaan KWH
meter, membantu menginput data pada aplikasi Simple-S, membantu menginput
data gardu induk, membantu survei lapang pemeliharaan gardu, dan membantu
menginput data permohonan PJU biaya RP.0
Collections
- DP-Company Management [469]