• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Antara Kegiatan Mewarnai Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Di Play Group Ar-Roudhoh Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Vivin Nur Laili - 140210201009.pdf-.pdf (2.567Mb)
    Date
    2018-12-01
    Author
    VIVIN, Nur Laili
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mewarnai merupakan salah satu pembelajaran yang mempunyai manfaat dalam segala hal. Kegiatan mewarnai ini biasanya diselenggarakan oleh lembaga pendidikan anak usia dini. Salah satu lembaga pendidikan yang melakukan pembelajaran ini adalah Play Group Ar-Roudhoh. Play Group Ar-Roudhoh merupakan lembaga pendidikan yang melakukan pembelajaran ini dengan tujuan agar anak dapat mengenal warna, merangsang daya imajiansi dan kreativitas yang tinggi. Selain itu, Play Group Ar-Roudhoh juga mengasah keterampilan motorik halus mereka sebagai bekal anak dalam belajar menulis. Perkembangan motorik halus merupakan salah satu perkembangan yang harus ditingkatkan oleh anak. Karena jika anak mengalami masalah pada perkembangan ini, anak akan kesulitan dimasa yang akan datang saat melakukan kegiatan sehari-hari. Dari uraian di atas, dapat diperoleh rumusan masalah yaitu adakah hubungan antara kegiatan mewarnai dengan perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Play Group Ar-Roudhoh Jember?. Adapun tujuan dalam perumusan masalah ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kegiatan mewarai dengan perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Play Group Ar-Roudhoh Jember. Sedangkan manfaat dalam penelitian ini adalah diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi dan pertimbangan terkait permasalahan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan jenis data kuantitatif. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive area yaitu lokasi yang disajikan sebagai tempat penelitian adalah Play Group Ar-Roudhoh Jember. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik populasi, sehingga subyek penelitiannya adalah keseluruhan anak didik yang ada di Play Group Ar- Roudhoh yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi(check list) dan dokumentasi. Hasil pengamatan tersebut, dibuktikan melalui pengisian lembar observasi kepada 16 anak didik, setiap lembar observasi terdiri dari 14 item pernyataan. Selanjutnya dilakukan analisis data lebih lanjut dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang diolah dengan SPSS (Statistical Package fot the Social Science) 24. Adapun hasil perhitungan menunjukkan bahwa rhitung sebesar 0,933. Jika dikonsultasikan dengan harga rtabel sebesar 0,506 pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa rhitung > rtabel = 0,933 > 0,506. Jika hasil perhitungan hubungan antara keduanya dipersentasekan, menunjukkan bahwa kegiatan mewarnai telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Play Group Ar-Roudhoh Jember sebesar 87,05%. Sedangkan sisanya adalah 12,95% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan indikator yang dijadikan pengukuran diketahui bahwa indikator mengenal warna memberikan sumbangsih sebesar 60,37%. Sedangkan sisanya 39,63% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Indikator imajinasi memberikan sumbangsih sebesar 54,61%, sedangkan sisanya 45,39% dipengaruhi oleh faktorfaktor lain. Pada indikator kreativitas meberikan sumbangsih sebesar 72,76%, sedangkan sisanya 27,24% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil analisis di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kegiatan mewarnai dengan perkembangan motorik halus di Play Group Ar-Roudhoh Jember, dengan memiliki kategori hubungan yang tinggi. Saran yang diberikan oleh peneliti kepada pengelola agar menyiapkan tempat yang memadai untuk pembelajaran anak didik. Kepada pendidik agar lebih bersifat tegas agar anak didik megikuti pembelajaran dengan rapi dan aktif. Bagi peneliti selanjutnya yaitu disarankan agar dapat meneliti lebih lanjut yang sehubungan dengan kegiatan mewarnai dan perkembangan motorik halus anak usia dini. Seperti: dapat meronce sendiri, dapat melipat kertas origami, menggambar bebas sesuai kreativitas anak, dan dapat menempel potongan gambar pada gambar. Sebab dari kegiatan mewarnai yang dapat dilakukan anak didik dengan baik akan mempengaruhi perkembangan motorik halus anak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88726
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository