Peran Metode Praktek Dalam Penguasaan Keterampilan Berbahasa Inggris Peserta Pelatihan Di Lkp Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo
Abstract
Metode praktek merupakan suatu cara yang dijadikan sebagai pedoman bagi
instruktur untuk melaksanakan pembelajaran agar tercapai tujuan untuk
mempermudah peserta pelatihan memahami materi lalu di aplikasikan melalui
kegiatan praktek dengan menggunakan alat atau media pendukung dan diikuti
dengan prosedur dengan benar. Adapun metode praktek dalam penelitian ini yaitu
pengembangan melalui Native Speaker dan pengembangan melalui permainan
“Bisik Berantai”, metode tersebut dinilai memiliki peran khususnya dalam
mempengaruhi keterampilan berbahasa inggris pada peserta pelatihan di LKP
Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peran
metode praktek dalam penguasaan keterampilan berbahasa inggris peserta
pelatihan di LKP Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo?, Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran metode praktek
dalam penguasaan keterampilan berbahasa inggris peserta pelatihan di LKP
Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo?. Adapun manfaat dari
penelitian ini, untuk menambah ilmu pengetahuan, menambah wawasan, dapat
dijadikan sebagai masukan dan praktik dalam mengembangkan program
Pendidikan Luar Sekolah tentang lembaga kursus dan pelatihan (LKP).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat
dan waktu penelitian mencakup lokasi atau daerah sasaran dan kapan (kurun
waktu) penelitian dilakukan. dengan Tempat yang dijadikan sebagai tempat
penelitian adalah LKP Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo.
Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode purposive area. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Snowball
sampling. Sumber data yang di dapat dari informan kunci dan informan
pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, dokumentasi. Agar kepercayaan terhadap data menjadi
tinggi digunakan beberapa teknik Pemeriksaan Keabsahan data, yakni
perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Dalam penelitian
ini, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisa data
dilakukan dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan pemeriksaan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil temuan yang diperoleh peneliti sebagai hasil implementasi dari
penelitian ini yaitu Peran metode praktek dalam penguasaan keterampilan
berbahasa inggris peserta pelatihan di LKP Andi’s English Course Buduan
Kabupaten Situbondo menunjukkan bahwa, metode praktek native speaker dan
permainan bisik berantai dapat mempengaruhi peningkatan keterampilan
berbahasa inggris peserta pelatihan, seperti keterampilan berbicara (speaking),
keterampilan menyimak (listening) dan keterampilan membaca (reading).
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa metode praktek native speaker dan
permainan bisik berantai memiliki peran dalam mempengaruhi keterampilan
berbahasa inggris peserta pelatihan yang meliputi keterampilan berbicara
(speaking), menyimak (listening) dan membaca (reading). Saran yang dapat
diberikan oleh peneliti untuk LKP Andi’s English Course, hendaknya lembaga
memaksimalkan lagi metode pembelajaran yang sudah ada agar peserta pelatihan
di tempat kursus ini penguasaan keterampilan berbahasa inggrisnya lebih
meningkat lagi dan lagi.