• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah (Scientific Reasoning) Siswa Sma Di Kabupaten Jember Pada Pokok Bahasan Dinamika

    Thumbnail
    View/Open
    NUR AINI 140210102006).pdf-.pdf (3.312Mb)
    Date
    2018-12-01
    Author
    NUR, Aini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dari waktu ke waktu semakin pesat. Arus globalisai juga berkembang begitu hebat. Akibat dari fenomena ini muncul persaingan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya pada bidang pendidikan. Guru dituntut memiliki pemahaman tentang paradigma pembelajaran abad ke-21 yang menjadi hal penting serta diterapkan sebagai kerangka pedagogis dalam proses pembelajaran. Sekolah juga harus mengimplementasikan kompetensi tidak hanya fokus pada penguasaan mata pelajaran utama, tetapi juga tentang konten akademik di tingkat yang lebih tinggi. Siswa perlu mengembangkan kompetensi penting hasil belajar abad 21 melalui berbagai jenis penalaran sesuai dengan situasi. Penalaran ilmiah memberikan kotribusi dalam keterampilan kognitif siswa. Namun, penelitian dalam hal mengidentifikasi kemampuan penalaran ilmiah terutama dalam hal ilmu fisika masih jarang. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, penalaran ilmiah memberikan kotribusi dalam keterampilan kognitif siswa. Namun, penelitian dalam hal mengidentifikasi kemampuan penalaran ilmiah terutama dalam hal ilmu fisika masih kurang, terutama pada pokok bahasan dinamiika. Hal ini mendasari peneliti untuk melakukan penelitian mengenai kemampuan penalaran ilmiah (scientific reasoning). Penelitian ini dilakukan agar penalaran ilmiah dapat diketahui sehingga berpotensi terhadap perkembangan kemampuan penalaran ilmiah sesuai dengan paradigma pembelajaran abad ke-21 sebagai kerangka pedagogis dalam proses pembelajaran fisika. Untuk itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan penalaran ilmiah siswa SMA di Kabupaten Jember pada pokok bahasan dinamika ? Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kemampuan penalaran ilmiah siswa SMA di Kabupaten Jember pada pokok bahasan dinamika. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA pada tiga sekolah menengah atas yang ada di Kabupaten Jember tahun pelajaran 2017/2018 pada semester genap. Subyek penelitian ini dipilih 3 sekolah dengan tingkatan tinggi, sedang dan rendah berdasarkan tingkatan nilai rata-rata Ujian Nasional sekolah. Pemilihan SMAN 3 Jember (SMAN A), SMAN 4 Jember (SMAN B) dan SMA Negeri Plus Sukowono (SMAN C) sebagai subjek penelitian berdasarkan teknik purposive sampling area. Namun, subjek penelitian tersebut masih terlalu luas, sehingga dipilih masingmasing 1 kelas dari 3 sekolah. Penentuan kelas tersebut menggunakan teknik purposive sampling area. Sehingga jumlah subjek penelitian adalah 98 siswa yang sudah meneriman materi dinamika. Berdasarkan penelitian pada tiga sekolah di Jember dengan jumlah responden sebanyak 98 siswa yaitu di SMAN A, SMAN B dan SMAN C tahun pelajaran 2017/2018 pada semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan penalaran ilmiah siswa pada indikator penalaran proporsional 47,96%, penalaran korelasi 66,33%, pengontrolan variabel 51,02%, penalaran probabiliti 24,49%, penalaran hipotesis-deduktif 73,47%, dan penalaran konservasi 21,43%. Kemampuan penalaran ilmiah paling baik yang dicapai siswa adalah pada aspek kemampuan penalaran hipotesis-deduktif dan capaian paling rendah adalah pada aspek kemampuan penalaran konservasi. Hasil penelitian tersebut memberikan dampak terhadap perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran fisika selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88717
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository