Pelevelan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Terbuka Materi Segiempat Terkait Tema Kopi
Abstract
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari ilmu lainnya yang dapat melatih siswa mengembangkan keterampilan berpikir meliputi, kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta memiliki kemampuan bekerja sama. Semua keterampilan tersebut dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa atau yang disebut dengan High Order Thinking Skill (HOTS) dalam memecahkan masalah. HOTS merupakan kemampuan menghubungkan, memanipulasi, dan mentransformasi pengetahuan serta pengalaman yang sudah dimiliki untuk berpikir secara kritis dan kreatif dalam upaya menentukan keputusan dan memecahkan masalah pada situasi baru. level kemampuan berpikir tinggi berada pada tingkatan C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta).Untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat dilakukan dengan memberikan soal terbuka pada siswa. Soal terbuka merupakan salah satu cara penyajian berbagai macam cara pendekatan yang memungkinkan untuk menyelesaikan soal atau memungkinkan banyaknya alternatif kemungkinan jawaban. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana level keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal terbuka materi segiempat terkait tema kopi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui level keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal terbuka materi segiempat terkait tema kopi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kegiatan pertama adalah berkoordinasi dengan pihak sekolah SMPN 1 Ambulu dan guru matematika terkait penelitian yang dilakukan, dan didapatkan subjek penelitian sebanyak 29 siswa kelas VIII A. Tahap selanjutnya membuat Instrumen yang digunakan saat penelitian, yaitu lembar tes soal terbuka dan pedoman wawancara. Dari dua Instrumen yang sudah dibuat, selanjutnya divalidasi terlebih dahulu oleh dua validator yaitu dosen Pendidikan Matematika Universitas Jember. Hasil validasi dari dua validator untuk tes soal terbuka, Va sebesar 2,85 dan untuk pedoman wawancara Va sebesar 2,83. Karena tingkat kevalidan hasil Va untuk tes soal terbuka dan pedoman wawancara adalah valid, maka instrumen tes soal terbuka dan pedoman wawancara langsung digunakan untuk mengambil data. Pengambilan data yaitu dengan memberikan tes soal terbuka, yang selanjutnya dari hasil lembar jawaban siswa dilakukan wawancara pada setiap subjek untuk memperdalam level keterampilan berpikir tingkat tingginya.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka didapatkan tiga level keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu level C4 (menganalisis) sebanyak 13 siswa, level C5 (mengevaluasi) sebanyak 15 siswa, dan level C6 (mencipta) sebanyak 1 siswa. Berdasarkan hal tersebut level keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII didominasi oleh level C5 (mengevaluasi). Untuk bangun segiempat yang sering muncul pada lembar jawaban siswa yaitu persegi dan persegi panjang, hal tersebut terjadi karena kebanyakan siswa lebih mudah dan lebih mengingat bangun segiempat tersebut. Adapun saran berdasarkan penelitian yang telah dilakukan adalah pertama, bagi guru menciptakan pembelajaran berpusat pada siswa dengan memberikan permasalahan kontekstual agar siswa bisa telibat secara aktif untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tingginya. Kedua, guru juga disarankan memberikan soal terbuka pada siswa secara berkelanjutan sebagai bentuk evaluasi pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan kreasi siswa. Terakhir, untuk peneliti selanjutnya disarankan membuat permasalahan lebih kontekstual lagi agar siswa mudah memahami permasalahan yang diberikan.