Show simple item record

dc.contributor.advisorSRI, Handono
dc.contributor.advisorYUSHARDI
dc.contributor.authorLAILIATUR, Rohma
dc.date.accessioned2018-12-01T04:12:39Z
dc.date.available2018-12-01T04:12:39Z
dc.date.issued2018-12-01
dc.identifier.nimNIM140210102084
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88709
dc.description.abstractPembelajaran fisika pada siswa diharapkan tidak hanya untuk menguasai konsep tetapi juga menerapkan konsep yang telah mereka pahami dalam penyelesaian masalah fisika. Namun, pembelajaran dalam kelas cenderung menekankan pada penguasaan konsep dan mengesampingkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Dalam pemecahan masalah, metode yang dilakukan masing-masing siswa berbeda-beda, walaupun masalah yang diberikan dalam bentuk yang sama, tergantung kepada individu masing-masing. Sejalan dengan hal ini, hendak dikaji salah satu teori penyelesaian masalah fisika yang dilakukan oleh George Polya, dimana George Polya menerapkan langkah-langkah penyelesaian suatu soal dengan lebih sistematis yaitu, 1) memahami masalah, 2) membuat rencana penyelesaian, 3) melaksanakan rencana, dan 4) memeriksa kembali. Materi fluida statis dipilih sebagai materi yang diteliti karena masih banyak ditemukan kesulitan siswa dalam menjelaskan peristiwa tenggelam dan terapung dan tidak dapat mengidentifikasi gaya yang diberikan pada objek oleh zat cair. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa SMA dalam memecahkan masalah berdasarkan polya pada materi fluida statis dan faktor penyebabnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaan 2017/2018 di tiga SMA Negeri yang berada di pinggiran Kabupaten Jember yaitu SMAN 1 Arjasa, SMAN Balung, dan SMAN Pakusari dengan masing-masing sekolah diambil satu kelas. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang telah menerima materi fluida statis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk uraian yang terdiri dari 5 soal dan pedoman wawancara untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam memecahkan masalah fisika berdasarkan polya. Soal yang digunakan diambil dari soal UN dan buku Giancoli. Data yang diperoleh berupa lembar jawaban siswa setelah mengerjakan soal tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan Polya. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis berdasarkan rubrik penskoran, selanjutnya dilakukan wawancara untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kesalahan yang dilakukan siswa SMAN A berdasarkan polya adalah 32,7% siswa mengalami kesalahan pada tahap memahami masalah, 43,6% siswa mengalami kesalahan pada tahap menyusun rencana, 58,2% siswa mengalami kesalahan pada tahap melaksanakan rencana, dan 47,3% siswa mengalami kesalahan pada tahap memeriksa kembali. Pada SMAN B 25,8% siswa mengalami kesalahan pada tahap memahami masalah, 23,5% siswa mengalami kesalahan pada tahap menyusun rencana, 37,6% siswa mengalami kesalahan pada tahap melaksanakan rencana, dan 37% siswa mengalami kesalahan pada tahap memeriksa kembali. Untuk SMAN C yaitu siswa yang mengalami kesalahan dalam memahami masalah sebesar 30,9%, siswa yang mengalami kesalahan dalam menyusun rencana sebesar 41,3%, siswa yang mengalami kesalahan dalam melaksanakan rencana sebesar 69%, siswa yang mengalami kesalahan memeriksa kembali sebesar 61,3%. Kesimpulan dari penelitian ini kadalah kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa SMAN A, SMAN B, dan SMAN C dalam memecahkan masalah fisika berdasarkan polya adalah kesalahan dalam melaksanakan rencana. Kesalahan terbanyak kedua adalah kesalahan dalam memeriksa kembali, sedangakan kesalahan terbanyak ketiga adalah kesalahan dalam menyusun rencana, dan kesalahan yang jarang dilakukan oleh siswa adalah kesalahan dalam memahami masalah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210102084;
dc.subjectPembelajaran fisikaen_US
dc.subjectkonsepen_US
dc.subjectFisikaen_US
dc.subjectKemampuanen_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.titleAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Fluida Statis Di Sman Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record