• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Scientific Reasoning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Di Sma Pada Materi Hukum Newton

    Thumbnail
    View/Open
    Elvin Noer Laily-140210102030.pdf-.pdf (5.696Mb)
    Date
    2018-12-01
    Author
    ELVIN, Noer Laily
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan penalaran ilmiah (scientific reasoning) seharusnya dilatihkan dan dimasukkan dalam proses pembelajaran Fisika. Hal ini sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang harus mempertimbangkan kebutuhan peserta didik. Sehingga, dalam proses pembelajaran perlu dikembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis scientific reasoning yang berisi pembelajaran fisika untuk melatihkan penalaran ilmiah (scientific reaasoning) dan dapat meningkatkan hasil berlajar fisika. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsiskan lembar kerja siswa (LKS) berbasis scientific reasoning valid untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa di SMA pada materi hukum Newton, 2) Mendeskripsikan pembelajaran menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbasis scientific reasoning efektif untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa di SMA pada materi hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis scientific reasoning pada materi hukum Newton di SMA yaitu, valid dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan model Plomp yang terdiiri dari 5 fase, yaitu: 1) fase investigasi awal, 2) fase desain, 3) fase realisasi/konstruksi, 4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan 5) fase implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu trianggulasi data sumber. Instrumen perolehan data yang digunakan lembar validasi, lembar soal pre-test, dan lembar soal post-test. sedangkan metode perolehan data yang digunakan adalah validasi dan tes. Data yang didapatkan adalah hasil validasi ahli dan validasi pengguna, hasil belajar kognitif berupa pre-test dan pos-test. Analisis data keefektifan LKS berbasis scientific reasoning menggunakan uji N-gain. Lembar kerja siswa (LKS) berbasis scientific reasoning pada materi hukum Newton di SMA mendapatkan hasil validasi akhir 4,2 dengan kriteria valid. Setelah LKS valid, untuk melihat efektivitas LKS yang dikembangkan dilakukan uji coba terbatas dengan X orang siswa di SMA Negeri Pakusari. Data yang didaptkan pada uji terbatas yaitu hasil belajar kognitif siswa berupa pretest dan posttest. Kemudian hasil belajar kognitif di uji menggunakan N-gain, pada uji terbatas 1 menghasilkan N-gain sebesar 0,47 dan pada uji terbatas 2 menghasilkan N-gain sebesar 0,73 yang dapat dikategorikan tinggi. Setelah LKS yang dikembangkan efektif dilakukan uji coba lapangan yang dilaksanakan di kelas X-IPA 2, X-IPA 3, dan X-IPA 4 di SMA Negeri Pakusari. Hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS berbasis scienntific reasoning mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat di analisis menggunakan N-gain. Kelas X-IPA 2 menghasilkan N-gain sebesar 0,74, X-IPA 3 menghasilkan N-gain sebesar 0,79, kelas X-IPA 4 menghasilkan N-gain sebesar 0,73, dan rata-rata N- gain dari ketiga kelas tersebut sebesar 0,75 yang dapat dikateorikan tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : 1) lembar kerja siswa (LKS) berbasis scientific reasoning pada materi hukum Newton yang diterapkan di SMA Negeri Pakusari dapat dikategorikan valid untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa berdasarkan hasil dari skor rata-rata dan validasi pengguna pada aspek konstruk dan konten, 2) lembar kerja siswa (LKS) berbasis scientific reasoning pada materi hukum Newton yang diterapkan di SMA Negeri Pakusari efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa berdasarkan dari hasil skor peningkatan nilai pretest dan posttest menggunakan uji N-gain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88704
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository