• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Ips Berbasis Lingkungan Pokok Bahasan Pemanfaatan Sda Sekitar Siswa Kelas Iv Sdn Baratan 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Dini Amalia Citra-140210204076.pdf-.pdf (4.358Mb)
    Date
    2018-12-01
    Author
    DINI, Amalia Citra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelajaran IPS di SD memiliki tujuan pembelajaran yaitu mengenalkan konsep konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya. Tujuan penelitian ini dikembangkan melalui kompetensi dasar yang terdapat pada pembelajaran IPS yaitu menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat, namun pada kenyataannya materi yang disampaikan masih terbatas dan belum menyuntuh kompetensi dasar yang ada, sehingga perlu untuk dibuat penelitian tentang pengembangan modul yang berisi materi tentang pemanfaatan sumber daya alam sekitar. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses dan hasil pengembangan modul IPS berbasis lingkungan pokok bahasan pemanfaatan SDA sekitar siswa SDN Baratan 02 Jember. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan produk berupa modul IPS berbasis lingkungan pokok bahasan pemanfaatan SDA sekitar siswa SDN Baratan 02 Jember. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian pengembangan 3-D oleh Thiagarajan (dalam Hobri, 2010:12) yang terdiri dari 3 tahap, yaitu: (1) tahap define (pendefinisian), (2) tahap design (perancangan), (3) tahap develop (pengembangan). Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah lembar validasi modul, lembar test, dan lembar angket respon siswa. metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes, dan angket. Data yang diperoleh adalah hasil validasi, hasil belajar, dan respon siswa. Proses pengembangan modul IPS berbasis lingkungan terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan yang telah dilaksanakan dengan membuat produk berupa modul IPS berbasis lingkungan. Modul tersebut kemudian divalidasi untuk mengetahui apakah modul tersebut valid atau tidak valid. Hasil analisis data validasi modul pembelajaran oleh validator mendapatkan skor 4,25 dan merupakan kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa modul IPS berbasis lingkungan sudah valid dan siap digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Keefektifan modul IPS berbasis lingkungan diketahui berdasarkan hasil belajar kognitif dan respon siswa. Hasil belajar kognitif 15 siswa berkategori sangat baik dan 13 siswa berkategori baik. Berdasarkan hasil analisa respon siswa terhadap modul IPS berbasis lingkungan tergolong positif untuk semua aspek yang meliputi perasaan siswa terhadap materi dan modul, pendapat siswa terhadap petunjuk penggunaan modul, materi, dan bahasa yang digunakan dalam modul, dan keberminatan siswa mengikuti pembelajaran selanjutnya. Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa 1) proses pengembangan modul telah berjalan sesuai tahap-tahap pengembangan model 3- D. 2) Hasil pengembangan modul IPS berbasis lingkungan adalah valid sehingga dapat digunakan. Efektifitas modul IPS berbasis lingkungan berupa hasil belajar siswa dapat dikategorikan baik. Respon siswa yang diperoleh adalah positif untuk semua aspek. Saran dari penelitian ini adalah materi pembelajaran yang terdapat dalam modul terbatas, sehingga perlu untuk dilanjutkan untuk memperoleh materi pengembangan yang baru dan juga perlu adanya tahap lanjutan yaitu tahap penyebaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88703
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15276]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository