Pewarnaan Sisi R-Dinamis Pada Graf Hasil Operasi Comb Product Graf Related Wheel Dikaitkan Dengan Keterampilan Berpikir Kreatif
Abstract
Teori graf memiliki banyak manfaat dalam kehidupan salah satunya
adalah Pewarnaan r-dinamis. Pewarnaan r-dinamis merupakan pewarnaan
yang bertujuan untuk mencari banyaknya warna minimum atau biasa disebut
dengan bilangan kromatik paling minimum dari pewarnaan pada graf.
Pewarnaan r- dinamis terdiri dari pewarnaan titik r-dinamis, pewarnaan sisi r-
dinamis dan pewarnaan total r-dinamis. Pada penelitian ini, menggunakan
pewarnaan sisi r- dinamis. Pewarnaan sisi r-dinamis pada suatu graf G
dide¯nisikan sebagai pemetaan c dari E ke himpunan warna sedemikian
hingga memenuhi kondisi jika e1 = uv; e2 = vw 2 E(G) maka c(e1) 6= c(e2),
dan 8e = uv 2 E(G); jc(N(e))j ¸ minfr; d(v) + d(u) ¡ 2g; r 2 N. Graf yang
digunakan dalam pewarnaan sisi r-dinamis pada penelitian ini adalah graf kipas,
graf lingkaran, dan graf roda. Sedangkan Operasi yang digunakan adalah
operasi comb product titik.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendeteksian
pola dan metode deduktif aksiomatik dalam menentukan nilai kromatik
pewarnaan sisi r-dinamis. Penelitian ini menghasilkan empat teorema dari
pewarnaan sisi r-dinamis pada graf hasil operasi comb product graf Lingkaran
Cn dengan graf Kipas F4 dan graf Lingkaran Cn dengan graf Roda W4 yaitu:
² Teorema 1 Bilangan kromatik pewarnaan sisi r-dinamis graf Cn dengan graf
F4 untuk r < 10, n ¸ 3 adalah Âr(Cn B F4) = 6 untuk 1 · r · 5, 8 untuk
r = 6, 9 untuk 7 · r · 8, 10 untuk r = 9; n genap, dan 12 untuk r = 9; n
ganjil.
² Teorema 2 Bilangan kromatik pewarnaan sisi r-dinamis graf Cn dengan graf
F4 untuk r ¸ 10, n ¸ 3 adalah Âr(Cn B F4) = 12 untuk n = 0 mod 4, n 6= 0 mod 3, n 6= 0 mod 5, 13 untuk n = 0 mod 5, n 6= 0 mod 3, n 6= 0 mod 4,
dan 15 untuk n 6= 0 mod 4, n 6= 0 mod 5.
² Teorema 3 Bilangan kromatik pewarnaan sisi r-dinamis graf Cn dengan graf
W4 untuk r < 8, n ¸ 3 adalah Âr(Cn B W4) = 5 untuk 1 · r · 3, 6 untuk
r = 4, 8 untuk r = 5, 9 untuk r = 6, dan 10 untuk r = 7.
² Teorema 4 Bilangan kromatik pewarnaan sisi r-dinamis graf Cn dengan graf
W4 untuk r ¸ 8, n ¸ 3 adalah Âr(Cn B W4) = 10 untuk n = 0 mod 4,
n 6= 0 mod 3, n 6= 0 mod 5, 10 untuk n = 0 mod 5, n 6= 0 mod 3, n 6= 0 mod 4,
dan 12 untuk n 6= 0 mod 4, n 6= 0 mod 5.
Keterkaitan pewarnaan sisi r-dinamis dengan kemampuan berpikir kreatif
pada graf hasil operasi comb product graf lingkaran Cn dengan graf kipas F4
dan graf lingkaran Cn dengan graf roda W4 pada penelitian ini didapatkan selama
proses dalam mencari nilai kromatik dari pewarnaan sisi r-dinamis pada graf hasil
operasi yang diteliti, mulai dari menentukan graf khusus yang digunakan sampai
menemukan Teorema. Keterkaitan tersebut yaitu:
Aspek °uency memiliki satu indikator yang digunakan untuk mengetahui
keterkaitan pewarnaan sisi r-dinamis dengan kemampuan keterampilan berpikir
kreatif. Indikator dari Aspek °uency adalah memberikan beragam gagasan yang
tepat terhadap situasi matematis yang diberikan untuk pemecahan masalah.
Keterkaitan aspek °uency dengan pewarnaan sisi r-dinamis mulai awal
penentuan graf khusus yang digunakan hingga akhir menemukan Teorema yaitu
memberikan beragam gagasan mengenai terminologi graf, dan pewarnaan
r-dinamis, memberikan beragam gagasan mengenai klasi¯kasi Kasus sesuai
dengan pola bilangan kromatik yang diperoleh, memberikan beragam gagasan
mengenai pola pewarnaan sisi r-dinamis pada graf hasil operasi yang diteliti.
Aspek °exibility memiliki satu indikator yang digunakan untuk mengetahui
keterkaitan pewarnaan sisi r-dinamis dengan kemampuan keterampilan berpikir
kreatif. Indikator dari Aspek °exibility yaitu menggunakan beragam strategi
solusi masalah, atau memberikan beragam contoh atau pernyataan yang terkait
konsep atau situasi matematis tertentu. Keterkaitan aspek °exibility dengan pewarnaan sisi r-dinamis mulai awal penentuan graf khusus yang digunakan
hingga akhir menemukan Teorema yaitu mampu menggunakan pernyataan
terkait konsep dari de¯nisi, teorema, operasi comb product, pewarnaan sisi
r-dinamis, dan analisis dari teorema yang digunakan.
Aspek orisinality memiliki satu indikator yang digunakan untuk
mengetahui keterkaitan pewarnaan sisi r-dinamis dengan kemampuan
keterampilan berpikir kreatif. Indikator dari Aspek orisinality yaitu mampu
menggunakan strategi yang bersifat baru dalam menentukan solusi masalah
atau memberikan contoh atau pernyataan baru yang tidak biasa. Keterkaitan
aspek orisinality dengan pewarnaan sisi r-dinamis mulai awal penentuan graf
khusus yang digunakan hingga akhir menemukan Teorema yaitu menggunakan
strategi yang bersifat baru dalam menciptakan dan membuktikan teorema yang
diperoleh, dan memberikan contoh bilangan kromatik pewarnaan sisi r-dinamis
dari penelitian sebelumnya.
Aspek elaboration memiliki satu indikator yang digunakan untuk
mengetahui keterkaitan pewarnaan sisi r-dinamis dengan kemampuan
keterampilan berpikir kreatif. Indikator tersebut yaitu menjelaskan secara
terperinci, dan teratur terhadap prosedur matematis, solusi jawaban, atau
situasi matematis tertentu, dengan menggunakan konsep, representasi, istilah
atau notasi matematis yang sesuai. Keterkaitan aspek elaboration dengan
pewarnaan sisi r-dinamis yaitu menjelaskan secara terperinci mengenai
kardinalitas titik dan sisi masing masing graf hasil operasi yang diteliti, langkah
- langkah pewarnaan sisi r-dinamis pada graf hasil operasi yang diteliti,
menjelaskan secara terperinci mengenai bilangan kromatik pewarnaan sisi
r-dinamis pada graf hasil operasi yang diteliti, menjelaskan secara terperinci
dalam menentukan fungsi pewarnaan sisi r-dinamis graf hasil operasi yang
diteliti, mengecek kebenaran fungsi yang telah ditentukan.