Pengaruh Brand Extension dan Persepsi Kualitas Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen di Outlet Planet Surf Jember
Abstract
Perkembangan cara pandang dan persepsi konsumen Indonesia tentang mode fashion, mendukung perkembangan pasar produk fashion menjadi sangat pesat. Hal tersebut membuktikan bahwa zaman modern saat ini dunia fashion sangat dikagumi dari anak kecil hingga dewasa. Bahkan anak remaja sudah memperhatikan fashion mereka. Kebutuhan remaja terhadap T-shirt dan aksesorisnya yang beragam menyebabkan outlet yang ada saat ini berlomba-lomba untuk dapat memenuhi hal tersebut. Salah satunya adalah Planet Surf. Planet Surf merupakan toko konveksi yang menjual pakaian, tas, dompet, dan aksesoris lainya. Bisnis Konveksi ini menjual produk branded, atau produk yang dengan brand yang sudah terkenal. Strategi bisnis yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembelian antara lain dengan cara perluasan merk (brand extension) dan persepsi kualitas (Perceived Quality) yang dapat tercermin dari loyalitas konsumen yang ada.
Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh brand extension dan persepsi kualitas terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen di outlet Planet Surf Jember. Diharapkan penelitian ini mampu mendapatkan hasil yang mencerminkan kondisi nyata yang konsumen rasakan terhadap produk Planet Surf.
Populasi pada penelitian ini calon konsumen yang akan membeli di planet surf pada cabang Jember. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratified random sampling didapatkan sampel sebanyak 104 orang. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan hasil bahwa variabel brand extension dan persepsi kualitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen di outlet Planet Surf Jember.