• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Video Animasi Stop-Motion Pada Materi Asal Usul Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia Dengan Model Assure

    Thumbnail
    View/Open
    Sugeng Hariadi -130210302038 Sdh.pdf (7.058Mb)
    Date
    2018-11-29
    Author
    Hariadi, Sugeng
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang pemilihan masalah ini yaitu Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses pembelajaran (Nugroho, 2016:2). Pendidik dituntut agar mampu memanfaatkan hasil-hasil teknologi dalam proses pembelajaran agar mencapai hasil yang maksimal. Pendidik harus mampu menggunakan alat yang sudah disediakan, para pendidik juga dituntut mampu untuk dapat mengembangkan keterampilan dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran dan juga bahan ajar, pada kenyataannya pada tahap analisis awal kondisi di sekolah masih banyak pendidik yang masih belum masimal dalam mengembangkan dan membuat bahan ajar, sehingga kegiatan pembelajaran belum efektif, dikarenakan pendidik menggunakan media pembelajaran yang kurang kreatif dan variatif. Pendidik masih menggunakan media pembelajaraan LKS dan buku Paket, sehingga peserta didik masih kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran. Hasil observasi dan wawancara yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 jember kelas X, SMA Negeri 2 jember kelas X dan juga di SMA Negeri 4 jember kelas X, menunjukkan bahwa peserta didik menginginkan media pembelajaran sejarah yang digunakan lebih menarik lagi dan lebih kreatif, sehingga peserta didik lebih tertarik dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran sejarah. Hasil observasi dan penyebaran angket peserta didik dari tiga sekolah tersebut menginginkan adanya penggunaan media pembelajaran kreatif dan inovatif, hal tersebut dibuktikan dengan jumlah 38, 52% peserta didik memilih adanya penggunakan media visual dalam pembelajaran sejarah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88592
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository