Proses Pembelian Barang Di Accounting Department Guna Pemenuhan Kebutuhan Operasional Di Harris Pop! Hotel and Conventions Gubeng Surabaya
Abstract
Departemen accounting adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab untuk mengatur keuangan hotel baik itu uang masuk atau keluar, accounting department membawahi divisi purchasing dan account payable yang bertugas untuk melakukan pembelian barang dan pembayaran hutang kepada supplier. Account payable juga bertugas menangani umur hutang dan mempersiapkan rekapan pajak. Purchasing dan Account payable di HARRIS POP! Hotel and Conventions Gubeng Surabaya harus melalui beberapa proses dalam melakukan pembelian barang dan pembayaran hutang kepada supplier. Proses yang harus dilalui oleh purchasing dalam melakukan pembelian barang atau bahan makanan adalah mulai dari menerima daily market list/ purchase order dari departemen yang meminta melalui sistem Visual Hotel Program (VHP) selanjutnya order barang dan barang diterima oleh receiving hingga account payable menerima dokumen invoice dan receiving report dari receiving yang telah dicek oleh cost control, chief accounting, dan financial controller berdasarkan purchase order maupun daily market list yang diterbitkan oleh purchasing, selanjutnya account payable melakukan pemeriksaan ulang terkait dengan kelengkapan dokumen receiving report, invoice asli yang telah dilengkapi stempel dan tanda tangan receiving dan security serta departemen pengguna, faktur pajak jika terdapat Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan purchase order atau daily market list sampai pembuatan Account Payable Payment Voucher dan melakukan pembayaran kepada supplier melalui transfer bank ke nomor rekening supplier, cek atau bilyet giro. Dari semua proses pembayaran hutang yang sudah dilaksanakan oleh account payable HARRIS POP! Hotel and Conventions Gubeng Surabaya sudah sangat efektif.
Collections
- DP-Travel Agent [250]