Perencanaan Jalur Pengguna Sepeda Di Universitas Jember
Abstract
Universitas Jember adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di
kota Jember. Penggunaan sepeda selaras dengan visi Unej yaitu berwawasan
lingkungan yang menandakan setiap kegiatan di Universitas Jember harus
mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan. Dengan penggunaan sepeda di
areal Unej akan membantu mewujudkan visi Unej yaitu kampus yang berwawasan
lingkungan atau kampus hijau (green campus). Jalur sepeda adalah jalur khusus
diperuntukkan bagi lalu lintas pengguna sepeda dan dipisah dari lalu lintas
kendaraan bermotor untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas pengguna
sepeda. Konsep jalur sepeda merupakan hal yang sangat penting dalam
perencanaan jalur sepeda. Ada tiga konsep dalam perencanaan jalur sepeda yaitu
bike path, bike lane dan bike route.
Pengguna sepeda mempunyai karakteristik yang unik diantara pengguna
jalan yang lain. Pada umumnya lebar jalan di Universitas Jember mempunyai
lebar dominan 6 sampai 7 meter, hal ini sangat memungkinkan direncanakan jalur
sepeda. Kecepatan rencana pesepeda direncanakan sebesar 20 Km/jam mengacu
pada tabel kecepatan rencana sepeda. Jalur sepeda direncanakan dengan lajur satu
arah dengan lebar 1,24 meter disesuaikan dengan kondisi eksisting jalan,
peraturan dan modul lajur sepeda. Dalam menentukan rute jalur sepeda di
Universitas Jember dilakukan analisa pencapaian rute, meliputi analisa ruas jalan
dan jarak tempuh. Dalam menganalisa jarak tempuh dibagi dalam 2 alternatif jalur
yaitu alternatif menuju fakultas teknik dan alternatif menuju fakultas ekonomi.
Dalam merencanakan jalur sepeda juga dibutuhkan perencanaan parkir sepeda.
Desain parkir sepeda direncanakan berada di area masing-masing fakultas
dikarenakan badan jalan tidak efisien jika direncanakan untuk parkir sepeda.
Terdapat 3% mahasiswa tidak memiliki sepeda pribadi sehingga didapatkan
bahwa sepeda yang perlu disediakan sebesar 57 sepeda pada setiap fakultas di Universitas Jember. Dilakukan survei kuesioner dalam menentukan persepsi
mahasiswa terhadap perncanaan jalur sepeda. Dari survei kuesioner tersebut
didapatkan data dari penggunan jalan berupa karakteristik umum dan karakteristik
pergerakan. Dilakukan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas bagi pengguna sepeda
maupun non-pesepeda, dari 2 uji tersebut data dinyatakan valid dan reliable.
Selain itu juga dilakukan Uji Korelasi Spearman pada setiap item pertanyaan,
koefisien korelasi masih menunjukkan tingkat hubungan yang rendah yaitu
sebesar 0,2709723. Hal ini dikarenakan jalur sepeda sendiri masih belum nyata
diterapkan di Universitas Jember.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]