Rekonstruksi Penyusunan Laporan Keuangan Lembaga Pendidikan (Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama Al-Maufi Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pencatatan keuangan yang digunakan oleh SMP Al-Maufi, serta merekontruksi penyusuanan laporan keungan SMP Al-Maufi agar memiliki laporan keuangan yang sesuai dengan akuntansi yayasan yang diatur dalam PSAK 45. Objek penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Al- Maufi yang dinaungi Pondok Pesantren Al-Maufi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitaitif dengan metode deskriptif yang bertujuan menggambarkan realitas di lapangan secara sistematis,vaktual, akurat, menyeluruh, luas dan mendalam pada suatu objek tertentu. Jenis data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pencatatan keuangan di SMP AL-Maufi masih berupa kas masuk dan kas keluar.Transaksi pengeluaran dan penerimaan dicatat setiap hari dan direkap setiap bulan, catatan keuangan tersebut merupakan laporan buku kas bulanan, hal ini menunjukkan bahwa SMP Al-Maufi belum mengimplementasikan pembuatan laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 45 sehingga dihasilkan usulan rekonstruksi laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 45 yang terdiri dari laporan posisi keuangan, laporan aktivitas, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.