Hubungan Antara Layanan Pendidikan Inklusi Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Paud Inklusi Star Kids Kabupaten Jember
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian dengan menggunakan metode purposive area yaitu PAUD Inklusi Star Kids Kabupaten Jember dikarenakan peneliti memiliki beberapa pertimbangan dalam memilih tempat penelitian tersebut. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 14 peserta didik ditentukan dengan menggunakan teknik populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yakni dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang.
Hasil perhitungan hubungan antara layanan pendidikan inklusi dengan perkembangan bahasa anak usia dini secara keseluruhan diperoleh nilai rhitung sebesar 0,896 dengan tingkat korelasi tinggi. Jika dikonsultasikan harga rtabel sebesar 0,544 pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa rhitung ≥ rtabel = 0,896 ≥ 0,544 dengan harga rhitung lebih besar daripada rtabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa layanan pendidikan inklusi memberikan kontribusi terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di PAUD Inklusi Star Kids Kabupaten Jember. Perhitungan rincian tiap indikator sarana dan prasarana sebesar 0,870 dengan tingkat korelasi tinggi, untuk indikator pendidik dan tenaga kependidikan sebesar 0,903 dengan tingkat korelasi tinggi dan untuk indikator kurikulum sebesar 0,878 dengan tingkat korelasi tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara layanan pendidikan inklusi dengan perkembangan bahasa anak usia dini di PAUD Inklusi Star Kids Kabupaten Jember, Dengan tingkat korelasi antara layanan pendidikan inklusi dengan perkembangan bahasa anak usia dini termasuk dalam kategori tinggi. Adapun saran yang diberikan peneliti kepada pengelola yakni pengelola sebaiknya lebih mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum modifikasi serta sarana dan prasarana yang lengkap guna menunjang perkembangan anak. Bagi pendidik disarankan agar lebih inovatif dan kreatif dalam melakukan proses pembelajaran. Dan bagi peneiti lain disarankan untuk meneliti lebih lanjut yang sehubungan dengan layanan pendidikan inklusi dan perkembangan bahasa anak usia dini.