dc.description.abstract | Pembelajaran Bahsasa Indonesia di SD banyak yang bertujuan hanya
untuk mencapai target kurikulum, selain itu guru cenderung menggunakan teknik
pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi
pelajaran Bahasa Indonesia dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan kartu
kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menyusun kalimat
sederhana, 2) mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran
menggunakan kartu kata, pokok bahasan menyusun kalimat sederhana 3) dan
mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran Bahasa
Indonesia pokok bahasan menyusun kalimat sederhana.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tampojung Guwa Waru Pamekasan
Kelas IV yang terdiri dari 20 siswa, 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 01 April 2010 sampai 29 April 2010
dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tampojung Guwa Kecamatan Waru
Kabupaten Pamekasan. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas
guru, dan tes individu.
Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui
bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan
Media kartu kata adalah: pada siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar 70,75 dan
meningkat menjadi 72,5 pada siklus 2. Sedangkan persentase ketuntasan
belajar siswa pada siklus 1 mencapai 70% dengan jumlah siswa tuntas 14
orang siswa, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 85% dengan jumlah siswa
tuntas 17 orang siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktifitas dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan pokok
bahasan menyusun kalimat dengan menggunakan media kartu kata. Selain itu
juga dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, dan memotifasi siswa untuk
meningkatkan hasil belajarnya. | en_US |