Show simple item record

dc.contributor.advisorDJAJA, Sutrisno
dc.contributor.advisorKANTUN, Sri
dc.contributor.authorMUKHAROMAH, Siti
dc.date.accessioned2018-11-22T03:20:31Z
dc.date.available2018-11-22T03:20:31Z
dc.date.issued2018-11-22
dc.identifier.nimNIM140210301015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88410
dc.description.abstractPenelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember KD menyusun laporan keuangan perusahaan jasa Semester Genap tahun ajaran 2017/2018, serta mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember pada mata pelajaran akuntansi pada KD menyusun laporan keuangan perusahaan jasa semester Genap tahun ajaran 2017/2018. Indikator aktivitas belajar siswa yaitu siswa membaca materi laporan keuangan perusahaan jasa, siswa berdiskusi dengan teman tentang laporan keuangan perusahaan jasa, siswa bertanya tentang laporan keuangan perusahaan jasa, siswa menyimak penjelasan dari guru tentang laporan keuangan perusahaan jasa, siswa membuat catatan tentang kajian laporan keuangan prusahaan jasa, siswa menanggapi pendapat teman atau guru, siswa mengerjakan tes dengan kemampuan sendiri tentang laporan keuangan perusahaan jasa dan siswa merasa bersemangat dalam mengikuti pelajaran akuntansi pada KD menyusun laporan keuangan perusahaan jasa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa dalam kategori sedang yaitu 2,6 meningkat menjadi 3,1 kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan hasil belajar sisw adilihat dari nilai ulangan harian siswa pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa 77,3 dan ketuntasan belajar secara klasikal 79%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 82,2 dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 85%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran akuntansi kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember agar model pembelajaran berbasis proyek ini dapat dijadikan alternatif penerapan model dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada KD menyusun laporan keuangan perusahaan jasa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210301015;
dc.subjectModel Pembelajaran Berbasis Proyeken_US
dc.subjectMeningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record