PENERAPAN METODE KARYA WISATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KENAMPAKAN ALAM YANG ALAMI DAN BUATAN PADA SISWA KELAS III SDN BEDADUNG 01 PAKUSARI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena pengamatan awal di lapangan menunjukkan
bahwa kemampuan siswa dalam mendeskripsikan masih rendah. Hal itu disebabkan
siswa mengalami kesulitan untuk menyampaikan gagasan dan pikirannya apabila
tidak mengalami pembelajaran secara langsung. Oleh karena itu, penelitian ini
berupaya meningkatkan kemampuan siswa khususnya dalam pembelajaran
mendeskripsikan kenampakan alam yang alami dan buatan dengan menggunakan
metode karya wisata.
Masalah pendidikan ini, yaitu: bagaimanakah penerapan metode karya wisata
dalam meningkatkan kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam yang alami dan
buatan pada siswa kelas III. SDN Bedadung 01 Pakusari Jember dan apakah
penerapan metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan
kenampakan alam yang alami dan buatan pada Siswa Kelas III SDN Bedadung 01
Pakusari Jember.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas yang terdiri dari dua siklus. Lokasi penelitian di SDN Bedadung 01 Pakusari
Jember, karena terdapat permasalahan dalam pembelajaran mendeskripsikan
kenampakan alam yang alami dan buatan khususnya di kelas III. Data penelitian ini
dianalisiss secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisiss secara kualitatif
adalah data yang diperoleh dari observasi, dokumentasi, wawancara. Sedangkan data
yang diperoleh dari data kuantitatif yaitu tes kemampuan mendeskripsikan
kenampakan alam yang alami dan buatan siswa kelas III SDN Bedadung 01 Pakusari
ix
Jember. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil analisiss data menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan
kenampakan alam yang alami dan buatan siswa kelas III SDN Bedadung 01 Pakusari
Jember dapat meningkat dengan menerapkan metode karya wisata. Analisis data
siklus I menunjukan siswa sudah mampu menuangkan gagasannya sesuai dengan
kenampakan alam yang alami dan buatan yang diamati. Berdasarkan hasil tulisan
siswa, total nilai dari 3 indikator untuk mengukur kemampuan mendeskripsikan, total
nilai siswa yang mencapai 65 sebanyak 19 siswa (63,4%) dan siswa yang
mencapai nilai <65 sebanyak 11 siswa (36,6%). Pada siklus II total nilai siswa yang
mencapai < 65 sebanyak 3 siswa (10%). Berdasarkan analisis data, kemampuan siswa
dalam mendeskripsikan kenampakan alam yang alami dan buatan meningkat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode karya wisata
dipandang efektif untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan kenampakan
alam yang alami dan buatan pada siswa pada siswa kelas III Bedadung 01 Pakusari –
Jember.