Prosedur Akuntansi Pengadaan Buku Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Jember Dengan Metode Penunjukan Langsung
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dan penjelasan dalam melaksanakan
Praktek Kerja Nyata (PKN) mengenai Prosedur Akuntansi Pengadaan Buku pada
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember, maka dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut :
1. Prosedur Akuntansi Pengadaan Buku pada Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan Kabupaten Jember menggunakan prosedur pengadaan langsung
yaitu proses pengadaan barang/jasa langsung kepada penyedia barang/jasa,
tanpa melalui pelanggan atau seleksi. Pengadaan ini bernilai paling tinggi
Rp. 200.000.000
2. Dokumen-dokumen yang diperlukan di dalam Prosedur Akuntansi
Pengadaan Buku pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten
Jember adalah :
a. Fofrmulir Surat Pemberitahuan Pengadaan Barang (SPPB)
b. Formulir Harga Perkiraan Sendiri (HPS)
c. Berita Acara Hasil Negosiasi Harga
d. Formulir Surat Pesanan (SP)
e. Formulir Surat Perintah Kerja
f. Berita Acara Penerimaan Barang (BAPB)
g. Formulir Surat Permintaan Pembayaran Langsung (SPP-LS)
3. Kegiatan yang dilakukan selama Praktek Kerja Nyata
a. Memperoleh dasar-dasar pengelolaan Pengadaan Buku di Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember
b. Memperoleh penjelasan tentang Prosedur Pengadaan Buku di Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember
c. Menginput data ke komputer yang berasal dari bagian-bagian yang
terkait dengan laporan yang berhubungan dengan Buku-buku di Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember
d. Membantu Mengecek buku-buku yang belum tersedia di Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember
Collections
- DP-Accounting [658]