PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN RANUWURUNG 01
Abstract
Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar
bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan
belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam
belajar. Hal ini berarti kesempatan belajar makin banyak dan optimal serta guru
menunjukkan keseriusan saat mengajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam
belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Sedangkan dalam
meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan
program pengajaran dan sekaligus mampu pula melakukan dalam bentuk interaksi
belajar mengajar.
Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Bagaimana perbedaan antara
hasil pre-test dan pos-test pada siswa kelas V semester II SDN
Ranuwurung 01 yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model
Jigsaw?(b) Bagaimana efektifitas penggunaan pembelajaran kooperatif
model jigsaw? (c) Berapa besar retensi belajar siswa dengan
menggunakan pembelajaran
Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan
prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif. (b)
Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak
dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN
iv
Ranuwurung 01. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi
kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (52%), siklus II (92%),
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model
Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas V SDN
Ranuwurung 01, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif pembelajaran IPS.