• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Aerodinamika Vertical Tail Plane Rudder Pesawat Terbang Twin Turboprop Kondisi Take-Off Satu Mesin Mati

    Thumbnail
    View/Open
    Exwan Rahmawan 141910101010.pdf (1.183Mb)
    Date
    2018-11-21
    Author
    RAHMAWAN, Exwan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia terletak diantara dua benua yaitu, benua Asia dan Australia. Indonesia ditinjau dari letak astronomis berada di antara 95º BT - 141º BT dan 6º LU - 11º LS. Indonesia berpredikat sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dengan pulau berjumlah 17.504 buah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Pulau terluar sebagai batas negara berjumlah 92 buah. Badan Pusat Statistik menginformasikan Indonesia berada pada peringkat ke empat negara dengan penduduk terbesar setelah negara Cina, India dan Amerika dengan 255.461.686 jiwa (Badan Pusat Statistik, 2014). Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia ditarik dari garis pantai sejauh 200 mil kearah laut. ZEE adalah zona dimana Indonesia bisa melakukan eksplorasi secara ekonomi diperairan tersebut (UndangUndang Republik Indonesia Nomor 43, Tentang Wilayah Negara, Tahun 2008) (United Nations Convention on the Law of the Sea, 1982). Pesawat udara adalah alat transportasi udara yang dapat menghubungkan jalur lalu lintas pulau dan negara. Pesawat perintis memiliki peran strategis untuk menghubungkan antar pulau (Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 79, Tentang Kriteria Dan Penyelenggaraan Kegiatan Angkutan Udara Perintis Dan Subsidi Angkutan Udara Kargo, Tahun 2017). Pesawat perintis tergolong dalam pesawat komuter dengan kriteria pesawat memiliki baling - baling pendorong (propeller), dengan mesin lebih dari satu (multiengines), 19 tempat duduk , beban maksimal pada saat lepas 8.500 kilogram (Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 155, Tentang Batas Usia Pesawat Udara Yang Digunakan Untuk Kegiatan Angkutan Udara Niaga, Tahun 2016) Aerodinamika merupakan ilmu pengetahuan mengenai akibat-akibat yang ditimbulkan udara atau gas-gas lain yang bergerak. Prinsip pesawat terbang, terdapat 4 gaya utama yang bekerja pada pesawat, yakni gaya dorong atau Thrust (T), gaya hambat atau Drag (D), gaya angkat atau Lift (L), dan gaya berat atau Weight (W). Pesawat terbang pada kondisi take-off dan landing terjadi akselerasi dan deselerasi yang dapat dijelaskan menggunakan Hukum II Newton total gaya adalah sama dengan massa dikalikan dengan percepatan. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa besarnya nilai VMCG (Velocity Minimum Control At Ground) ,dan VMCA (Velocity Minimum Control At Air) pada pesawat twin turboprop 19 penumpang pada flap 200 memenuhi standart CASR 23 part 143 pada kondisi take-off .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88336
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository