PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIFAT BANGUN DATAR SEGITIGA MELALUI METODE DISCOVERY DENGAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V SDN SUMBER WARU 03 KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASAN
Abstract
Kenyataan yang terjadi menunjukan bahwa pembelajaran matematika di
SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung
menggunakan teknik pembelajaran yang mononton sehingga membuat siswa
kurang menyenangi pelajaran matematika dan akibatnya hasil belajar menjadi
rendah.Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penerapan metode
discovery dengan pokok bahasan Sifat Bangun Datar segitiga untuk Siswa Kelas
V SDN Sumber Waru 03 (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam
penerapan metode discovery dengaan pokok bahasan Sifat Bangun Datar segitiga
untuk Siswa Kelas V SDN Sumber Waru 03 (3) untuk mengetahui ketuntasan
belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika realistik pokok bahasan
Sifat Bangun Datar segitiga untuk Siswa Kelas V SDN Sumber Waru
03.Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SDN Sumber Waru 03 kecamatan Waru
Kabupaten Pamekasan yang terdiri 25 siswa pada tanggal 15 dan 22 Maret 2010.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan / implementasi tindakan, pengamatan dan refleksi dengan kriteria
keberhasilan minimal rata-rata aktivitas siswa 70 %, aktivitas guru 80 %,
ketuntasan belajar siswa 80 %.Pada siklus I aktivitas siswa sebesar 58 %, aktivitas
guru 79,5 % dan hasil ketuntasan belajar siswa masih sebesar 68 %. Karena
indikator keberhasilan masih belum tercapai, maka perlu dilanjutkan dalam siklus
II, dan hasilnya aktivitas siswa meningkat menjadi 72 %, aktivitas guru 83,3 %
dan ketuntasan belajar siswa 92 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
ditarik kesimpulan bahwa melalui implementasi metode discovery dengan alat
peraga dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar sifat bangun datar
segitiga siswa Kelas V SDN Sumber Waru 03 Kec.Waru.Kab.Pamekasan.
Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan agar seorang guru dapat menciptakan
suasana pembelajaran yang kondusif, siswa diajak berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran.Salah satunya yaitu dengan menggunakan metode discovery. Guru
diharapkan dapat menggunakan media atau alat peraga pembelajaran untuk
membantu siswa dalam belajar.