Strategi Bauran Promosi Distro Nagud! Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Perkembangan dunia usaha yang mengangkat keunggulan lokal saat ini
telah banyak digeluti oleh masyarakat. Masing-masing daerah tidak hanya
memiliki satu brand lokal, namun ada beberapa perusahaan yang sejenis. Salah
satu daerah yang juga memiliki brand lokal adalah Banyuwangi. Saat ini di
Banyuwangi telah banyak berdiri berbagai perusahaan yang mengangkat
keunggulan lokal daerah. Diperlukan berbagai upaya untuk mampu bersaing
menarik minat konsumen.
Banyuwangi merupakan suatu daerah yang sedang gencar meningkatkan
potensinya dalam bidang pariwisata. Peluang tersebut banyak dimanfaatkan oleh
para pengusaha untuk menciptakan suatu produk yang mengangkat keunggulan
lokal daerah Banyuwangi sendiri. Distro NAGUD! merupakan salah satu distro
yang juga menangkap peluang untuk membuat produk yang mengangkat
keunggulan lokal daerah Banyuwangi. Distro NAGUD! berdiri sejak tahun 2012
namun saat ini jangkauan penjualannya telah sampai pasar nasional dan pasar
internasional, diantaranya USA, Kroasia, Polandia, Filipina, dan sebagainya.
Distro yang terhitung 6 tahun berdiri ini dinilai mampu menarik minat konsumen.
Hal ini dapat dilihat dari kuantitas penjualan baik di pasar lokal, pasar nasional,
maupun pasar internasional yang meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan
kuantitas penjualan tersebut tentu tidak lepas dari kegiatan promosi yang
dilakukan. Kegiatan promosi tersebut dapat dikatakan berhasil apabila respon
yang diberikan oleh konsumen juga meningkat. Tentu pemilik dari Distro
NAGUD! memiliki strategi dalam memaksimalkan kegiatan promosi yang akan
dilakukan untuk menjangkau calon konsumennya lebih luas lagi.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi bauran promosi Distro NAGUD! Kabupaten Banyuwangi. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik
dari Distro NAGUD! sebagai informan utama, dimana informan utama dalam
penelitian ini memiliki kewenangan dalam menentukan strategi dan
mempertimbangkan penggunaan media promosi yang akan digunakan, dan
informan pendukung dalam penelitian ini 4 orang konsumen dari Distro NAGUD!
Kabupaten Banyuwangi. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari
metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan
oleh pemilik Distro NAGUD! untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan
kuantitas penjualan yaitu yang pertama dengan menggunakan iklan melalui
berbagai media diantaranya media siaran radio, media internet yang berupa web
dan instagram, serta melalui media cetak berupa kartu nama. Kedua, dengan
memberikan promosi penjualan berupa diskon kepada konsumen yang membeli
produk lebih dari 10 pcs, memberikan diskon saat perayaan hari-hari besar dengan
syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, serta dengan mengikuti kegiatan yang
diadakan oleh pemerintah daerah. Ketiga, menjalin hubungan dengan berbagai
masyarakat, yakni dalam bentuk pemberian sponsor kepada instansi pemerintah
maupun instansi pendidikan dalam suatu kegiatan tertentu, serta dengan menjalin
kerjasama dengan UMKM batik Kabupaten Banyuwangi. Keempat, dengan
melakukan penjualan pribadi dalam bentuk pemberian pelayanan yang maksimal
kepada konsumen yang datang langsung ke distro.