• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (KELAS XI MIPA SMAN BALUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018)

    Thumbnail
    View/Open
    Hasan Albana R - 140210103085_.pdf (11.32Mb)
    Date
    2018-11-19
    Author
    ALBANA R., Hasan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri Balung Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Keterampilan berpikir kritis diukur melalui instrumen penilaian berpikir kritis yang tertera pada setiap LKS yang dikerjakan siswa pada setiap pertemuan. Sedangkan hasil belajar siswa dibagi menjadi tiga ranah; kognitif, afektif, psikomotor yang diukur melalui nilai pretest- postestdan hasil observasi dari sikap dan minat berdasarkan hasil pengamatan observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS berbasis pendekatan PBL dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (p=0,000 atau <0,05). Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar (kognitif, afektif,psikomotor) siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS berbasis pendekatan PBL dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (p=0,000 atau <0,05). Hal ini dikarenakan dikelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran TPS berbasis pendekatan PBL sehingga proses pembelajaran berjalan menyenangkan dan menarik, serta mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri Balung Jember dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88186
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository