• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Jenggawah Tahun Ajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Nofia Ariani Miftahul K-130210302021 Sdh.pdf (5.509Mb)
    Date
    2018-11-19
    Author
    Karimah, Nofia Ariani Miftahul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah merupakan mata pelajaran yang menanam pengetahuan dan nilai-nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat Indonesia dan dunia dari masa lampau hingga kini. Pembelajaran sejarah memiliki tujuan yang harus dicapai, diantaranya: (1) membantu kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini dan masa depan; (2) melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi ilmuan; (3) menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia dimasa lampau; (4) menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap proses terbentuknya bangsa Indonesia melalui sejarah yang panjang dan masih berproses hingga masa kini dan masa yang akan datang. Pembelajaran sejarah lebih menekankan peserta didik untuk lebih aktif, pendidik diharapkan dapat menumbuhkan kerjasama peserta didik, sehingga melalui pembelajaran sejarah kemampuan kerjasama peserta didik mampu melaksanakan konstribusi materi pembelajaran sejarah dengan baik. Namun dalam kenyataannya pada saat pembelajaran berlangsung, pendidik hanya menerapkan metode ceramah dengan memanfaatkan papan tulis sebagai media menyampaikan materi kepada peserta didik, sehingga peserta didik hanya berperan sebagai pendengar. Tidak sedikit pula peserta didik yang hanya fokus pada satu buku teks. Maka dari itu kemampuan kerjasama dan hassil belajar peserta didik menjadi rendah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88154
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository