• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Polya Pokok Bahasan Pecahan

    Thumbnail
    View/Open
    Mega Ranita-140210204007 Sdh.pdf (2.703Mb)
    Date
    2018-11-16
    Author
    Ranita, Mega
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah dalam matematika umumnya dituangkan dalam bentuk soal cerita. Untuk menyelesaikan soal tersebut, diterapkan penyelesaian pemecahan masalah menurut Polya yang meliputi empat tahap, yaitu memahami masalah, membuat rencana untuk menyelesaikan masalah, melaksanakan rencana yang dibuat pada langkah kedua, dan memeriksa ulang jawaban yang diperoleh. Berdasarkan kenyataan yang ditemui di lapangan, masih banyak siswa yang belum bisa menyelesaikan soal pemecahan masalah berbentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase masing-masing jenis kesalahan dan mengetahui faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori Polya pokok bahasan pecahan siswa kelas V SDN 2 Pesanggaran Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 2 Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Jumlah siswa di kelas tersebut adalah 35 orang. Waktu pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Pelaksanaan tes dilakukan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita, sedangkan wawancara dilakukan untuk mengetahui faktor penyebabnya. Berdasarkan hasil analisis, persentase kesalahan menentukan apa yang diketahui sebesar 6,28%. Persentase kesalahan menentukan apa yang ditanya sebesar 5,71%. Persentase kesalahan dalam menggunakan kata atau kalimat sebesar 5,50%. Persentase kesalahan menyusun strategi untuk menyelesaikan soal sebesar 8,64%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88100
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository